Rabu 20 Oct 2021 22:10 WIB

RMI PBNU Adakan 1.000 Khataman Alquran di Hari Santri Santri

Puncak perayaan Hari Santri akan diadakan acara 1.000 khataman Alquran.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Santri
Foto: Prayogi/Republika
Ilustrasi Santri

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Puncak perayaan Hari Santri pada 22 Oktober akan diadakan acara 1.000 khataman Alquran.  "Tanggal 22 kita akan mengadakan puncak rangkaian Hari Santri dengan acara Amanah Hari Santri oleh Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) dan 1000 khataman Alquran yang di-relay oleh 1.000 streaming key," kata Ketua Pimpinan Pusat Rabithah Ma’ahid al Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama, KH Abdul Ghaffar Rozin pada Rabu (20/10).

Sebelumnya Gus Rozin menyampaikan, peringatan Hari Santri tahun ini harus tetap mengedepankan kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Baca Juga

"Tanggal 31 Oktober kita akan launching Gerakan Pesantren Asuh dengan tajuk Konser Santri Untuk Indonesia," ucapnya.

Adapun melalui Keputusan Presiden No 22 Tahun 2015, pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai hari santri. Pada 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional dikarenakan pada hari tersebut, Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang dipimpin oleh Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari dicetuskan sebagai upaya untuk mengobarkan semangat para pejuang yang mempertahankan NKRI dari Belanda yang diboncengi oleh NICA, yang kembali datang ke Indonesia pada Oktober 1945, padahal Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Serangkaian kegiatan yang diselenggarakan untuk merayakan Hari Santri 2021 oleh RMI PBNU mulai dari serangkaian kompetisi dan bakti sosial  sampai puncak perayaan berupa Amanat Hari Santri oleh Ketua Umum PBNU.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement