Rabu 20 Oct 2021 22:10 WIB

RMI PBNU Adakan 1.000 Khataman Alquran di Hari Santri Santri

Puncak perayaan Hari Santri akan diadakan acara 1.000 khataman Alquran.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Santri
Foto:

Sementara Logo Hari Santri RMI PBNU 2021 melambangkan air jernih yang memberikan kesejukan dan kesegaran, dan menjadi  sumber kekuatan bagi kehidupan, baik dalam konteks sebagai pribadi, warga negara, maupun bangsa.  Logo tersebut menegaskan bahwa santri dan pesantren telah dan terus memberi kesejukan dan kesegaran bagi kehidupan berbangsa dan bernegara melalui mainstreaming Islam rahmatan lil alamin.

Santri dan pesantren juga disebut telah terbukti menjadi kekuatan besar bagi negara, mulai dari sejak resolusi jihad sampai saat ini. Logo tersebut juga menyiratkan kolaborasi dan komunalisme yang menjadi penciri kuat santri,  sehingga dalam pada masa pandemi ini menjadi kekuatan untuk bersama-sama menuju new normal. 

Sementara tagline, Bertumbuh, Berdaya, Berkarya menggambarkan karakteristik dan nilai pesantren. Pesantren terus Bertumbuh dari sejak 1400an sampai saat ini, baik secara kualitas maupun kuantitas. Pesantren juga Berdaya dan mandiri baik secara nilai (subkultur), tata kelola, dan ekonomi, serta memberdayakan masyarakat sekitar, sehingga pesantren dengan masyarakat sekitarnya saling menguatkan.

Pesantren juga terus Berkarya seperti lahirnya sejumlah kitab dari pesantren. Tak hanya itu, sejumlah kreativitas dan inovasi juga banyak lahir dari pesantren. Dalam konteks pandemi Covid-19 ini, tagline ini mengandung harapan agar santri dan pesantren dapat segera bangkit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement