Taliban Akhirnya Izinkan Vaksinasi Polio

Kamis , 21 Oct 2021, 09:25 WIB Reporter :Fergi Nadira/ Redaktur : Agung Sasongko
Taliban (ilustrasi)
Taliban (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, KABUL -- Taliban menyetujui kampanye vaksinasi polio untuk semua anak-anak di seluruh Afghanistan untuk pertama kalinya sejak 2018. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, kampanye vaksinasi nasional akan dimulai pada 8 November, diikuti oleh kampanye vaksinasi polio lainnya yang disinkronkan dengan Pakistan pada Desember.

 

Terkait

Direktur pemberantasan polio WHO untuk wilayah Mediterania Timur Dr. Hamid Jafari mengatakan, perkiraan populasi target adalah 10 juta anak di bawah usia 5 tahun di Afghanistan, termasuk lebih dari 3,3 juta yang tidak dapat dijangkau sejak 2018.

Baca Juga

"Memulai kembali vaksinasi polio di semua wilayah Afghanistan sekarang akan mencegah kebangkitan besar wabah polio di dalam negeri dan memastikan tidak ada penyebaran internasional," kata Jafari.

Menurut Perwakilan WHO di Afghanistan Dapeng Luo, langkah kampanye vaksinasi polio adalah langkah yang sangat penting ke arah yang benar. Dia mengatakan itu adalah pertanda baik bahwa beberapa kampanye direncanakan. "Akses berkelanjutan untuk semua anak sangat penting untuk mengakhiri polio untuk selamanya," ujar Luo.

Sementara , Taliban belum mengkonfirmasi kesepakatannya. Para pejabatnya belum menanggapi permintaan komentar hingga berita ini dimuat. Namun WHO dan badan anak-anak PBB (UNICEF) mengatakan, bahwa mereka menyambut baik keputusan pemimpin Taliban dalam mendukung dimulainya kembali vaksinasi polio dari rumah ke rumah untuk anak-anak di seluruh negeri.