Selasa 26 Oct 2021 21:41 WIB

Santri Diharapkan Punya Kemandirian dalam Berekonomi

Bila santri memiliki kemandirian ekonomi, maka dapat lebih bermanfaat bagi umat.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Santri
Foto:

Ustaz Kiki mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah awal dari bidang ekonomi RMI PWNU DKI Jakarta. Ia konsen dalam persoalan ekonomi pesantren dan majelis taklim. Salah satu perhatiannya dalam rangka menyiapkan SDM santri pasca mereka lulus dari pesantren, agar memiliki kemampuan bertahan hidup dan mandiri secara ekonomi. 

Di forum yang sama, Ketua PWNU DKI Jakarta, KH Samsul Ma'arif, mengatakan, salah satu problem bangsa Indonesia di era pandemi adalah ekonomi.  Mungkin dunia pesantren merasakan terdampak secara ekonomi.

"Karena itu kami berharap pesantren juga bisa ikut ambil bagian terutama para santri melalui webinar ini, saya berharap ada ide-ide cerdas dan sekaligus upaya kegiatan yang langsung menyentuh pemberdayaan ekonomi umat," ujarnya.

Ia mengatakan, mungkin ada ustaz dan kiai yang hanya mengandalkan penghasilan dari kegiatan mengajar dari tempat ke tempat. Namun selama dua tahun pandemi ini, mungkin kegiatan mengajarnya terganggu.

"Tapi saya yakin santri, ustaz, kiai terus berupaya menggali potensi yang ada, karena itu saya berharap seminar ini menghadirkan pemikiran sekaligus gerakan dalam rangka mengaktualisasikan potensi ekonomi santri," kata Kiai Samsul.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement