Masjid Kanada Gelar Open House Lawan Islamofobia

Kamis , 28 Oct 2021, 13:52 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Kanada.
Masjid Kanada.

IHRAM.CO.ID, ONTARIO – Masjid Brantford di Ontario, Kanada melakukan gelar griya (open house) yang menawarkan tur masjid dan percakapan soal Islam kepada pengunjung. Acara ini digelar supaya masyarakat sekitar bisa lebih memahami tentang Islam.

 

Terkait

“Ini bukan hanya tentang orang yang tidak tahu tentang Islam. Ini juga tentang Muslim yang belajar tentang tetangga mereka,” kata Imam Masjid Abu Noman Tarek.

Acara ini merupakan acara tahunan kesembilan sebagai bagian dari Bulan Warisan islam. Tarek menegaskan pintu masjid terbuka sepanjang tahun untuk menyambut setiap pengunjung. Namun, banyak orang yabg ragu untuk berkunjung dan bertanya.

Kanada setiap tahun merayakan Bulan Sejarah Islam di seluruh bulan Oktober dan fokus tahun ini adalah berbagi dan penyembuhan dari rasialisme dan Islamofobia. Oktober ditetapkan sebagai bulan Warisan Islam oleh Parlemen pada tahun 2007 untuk menyoroti kontribusi signifikan orang-orang Muslim di Kanada.

Dilansir About Islam, Kamis (28/10), Bulan Sejarah Islam tahunan menyediakan waktu untuk fokus merayakan dan mendidik komunitas Muslim dan non-Muslim tentang kekayaan sejarah, warisan dan budaya Muslim Kanada dan Muslim di seluruh dunia.

Mengingat pembunuhan tragis keluarga Afzaal, Tarek mengatakan penting melakukan percakapan untuk mengatasi kesalahpahaman yang mungkin dimiliki beberapa orang tentang Islam secara teratur. “Islam digambarkan sebagai sesuatu yang sangat asing, tetapi kami merasa sama seperti orang Kanada seperti halnya Muslim. Ini adalah sesuatu yang berjalan bersama secara komprehensif,” ujar dia.

Membawa pesan Islam tentang toleransi, perdamaian, cinta dan koeksistensi, Tarek mengatakan open house ini adalah kesempatan bagi orang-orang dari semua latar belakang, agama, ras, gender dan budaya untuk bertemu, berbagi makanan dan mengenal satu sama lain.

Menurut badan statistik Kanada, Muslim adalah komunitas agama yang tumbuh paling cepat di Kanada. Secara historis, populasi Muslim Kanada meningkat sebesar 82 persen selama dekade terakhir, mulai dari sekitar 579 ribu pada tahun 2001 menjadi lebih dari 1 juta pada tahun 2011. Muslim mewakili 3,2 persen dari total populasi Kanada.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini