Rabu 03 Nov 2021 04:34 WIB

Arab Saudi Luncurkan Museum Terbang Pertama di Dunia

Saudi Luncurkan Museum Terbang Pertama di Dunia.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Arab Saudi Luncurkan Museum Terbang Pertama di Dunia
Foto: Arab News
Arab Saudi Luncurkan Museum Terbang Pertama di Dunia

IHRAM.CO.ID,RIYADH—Arab Saudi meluncurkan museum terbang pertama di dunia. Museum yang menyoroti temuan arkeologis dalam perjalan pesawat antara Riyadh dan kota kuno AlUla itu merupakan proyek kolaborasi antara Komisi Kerajaan untuk AlUla dan maskapai nasional Saudia. Pengunjung museum dapat melihat koleksi replika artefak yang telah ditemukan di AlUla melalui penggalian arkeologi. Film dokumenter Discovery Channel berjudul Architects of Ancient Arabia, dirilis tahun ini, juga akan diputar disana. 

Rebecca Foote, direktur penelitian arkeologi dan warisan budaya di komisi tersebut, akan memberikan pengantar dokumenter selama perjalanan dan memberikan penjelasan tentang artefak yang ditampilkan di museum. “Ada banyak pekerjaan yang sedang berlangsung di AlUla oleh para arkeolog lokal dan internasional, namun kami baru mulai memahami sifat rumit dari masa lalu AlUla,” ujarnya yang dikutip di Arab News, Selasa (2/11).  

Baca Juga

“AlUla adalah permata tersembunyi di Jazirah Arab, dan kami perlahan-lahan menemukan rahasianya. Saya berharap dapat berbagi lebih banyak informasi tentang pekerjaan kami dengan penumpang perjalanan Museum in the Sky, yang dioperasikan oleh Saudia,” sambungnya. 

Philip Jones, petugas pemasaran destinasi komisi tersebut, mengatakan museum akan menyoroti pentingnya pekerjaan arkeologi yang dilakukan di AlUla, yang diyakini komisi sebagai "program arkeologi terbesar" di dunia saat ini. Dia mengatakan komisi itu "terhormat" untuk bekerja dengan Saudia dan menyambut semua pengunjung yang akan datang dalam beberapa bulan ke depan untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah AlUla.

Khaled Tash, wakil presiden komunikasi korporat di maskapai itu, mengatakan museum itu merupakan kelanjutan dari "kerja sama yang sedang berlangsung" dengan komisi untuk menyoroti warisan yang kaya dari AlUla dan mempromosikannya secara global sebagai tujuan wisata. AlUla menyediakan berbagai kegiatan sepanjang tahun dan musiman untuk menyambut pengunjung lokal dan internasional, kata dia. 

Sumber:

 https://www.arabnews.com/node/1959611/saudi-arabia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement