Jumat 05 Nov 2021 17:33 WIB

Beda Sholat Syuruq dan Sholat Dhuha

Banyak orang yang tidak mengetahui tentang perbedaan Sholat Syuruq dan Dhuha.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )

IHRAM.CO.ID, Dikutip dari laman elbalad, Jumat (5/11), banyak orang yang tidak mengetahui tentang perbedaan Sholat Syuruq dan Dhuha, seperti waktu pelaksanannya maupun doa yang dibaca saat melakukan dua sholat sunnah tersebut.

Sholat Syuruq termasuk Sholat Dhuha. Tetapi, disebut Sholat Syuruq jika sholatnya dikerjakan di awal waktu setelah matahari terbit, dan sudah naik sekitar satu tombak. Sedangkan jika dilakukan di akhir atau pertengahan waktu, maka disebut dengan Sholat dhuha.

Baca Juga

Sholat Dhuha termasuk salah satu sholat sunnah. Berdasarkan ajaran Imam Abu Hanifah, Sholat Dhuha dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Sedangkan dalam hal keutamaan, tidak ada perbedaan antara Sholat Syuruq dan Sholat Dhuha. Karena, Rasulullah Saw telah mengatakan kepada para sahabatnya, seperti yang diriwayatkan oleh Abu Darda’,

أوصاني خليلي بثلاثٍ: بِصيامِ ثلاثةِ أيامٍ من كلِّ شهرٍ ، وألا أنامُ إلَّا علَى وِترٍ، وسُبحةِ الضُّحَى في السَّفرِ والحضَرِ

Artinya: “Kekasihku (Rasulullah) mewasiatkan kepaku tiga hal: berpuasa tiga hari setiap bulan, sholat witir sebelum tidur, dan melakukan sholat Dhuha saat bepergian dan di rumah.” Sementara, nama-nama lain telah disebutkan dalam sholat Duha, antara lain adalah sholat Ishraq.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement