Jumat 05 Nov 2021 19:40 WIB

Sirkuit Balap Saudi Dipastikan Rampung Tepat Waktu

Jeddah siap selenggarakan balap F1 pada Desember mendatang.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Subarkah
Pembangunan sirkuit balap F1 di Jeddah.
Foto: tike.id
Pembangunan sirkuit balap F1 di Jeddah.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Bos Grand Prix (GP) Arab Saudi yang baru menegaskan bahwa pembangunan sirkuit jalan raya di Jeddah akan siap pada waktunya untuk balapan perdana pada Desember mendatang.

Martin Whitaker, pejabat balap motor terkenal Inggris yang sekarang bertanggung jawab atas proyek Saudi ini, menekankan, pembangunan sirkuit ini adalah selesai tepat waktu meksi dibangun dalam waktu singkat.

"Mengingat bahwa sirkuit Jeddah sedang dibangun dalam waktu singkat, selalu terjadi bahwa waktunya akan ketat. Namun pembangunan tetap sesuai jadwal dan akan selesai tepat waktu," tambahnya, dilansir dari laman Grand Prix, Jumat (5/11).

Foto-foto baru mengenai sirkuit tersebut mengungkapkan bahwa pekerjaan konstruksi berat masih berlangsung. Gambaran tersebut menunjukkan tampaknya masih jauh dari siap untuk menyambut Formula 1.

 

Federasi Mobil dan Sepeda Motor Saudi (SAMF) dan Federation Internationale de l’Automobile memberikan sedikit gambaran tentang desain sirkuit Grand Prix Formula 1 Arab Saudi. Disebutkan, lintasan akan menempuh jarak 6,175 km. Ini menjadikannya sirkuit F1 terpanjang kedua setelah Sirkuit Belgia de Spa-Francorchamps.

Federasi juga menambahkan sirkuit Jeddah juga didesain dengan 27 belokan, dan kecepatan rata-rata dapat mencapai setidaknya 250 km per jam dengan kecepatan tertinggi 322 km per jam. Balapan mendatang akan diadakan pada malam hari di bawah lampu sorot, mirip dengan yang terlihat baru-baru ini pada balapan Formula E 2021 yang diadakan di Diriyah bulan lalu.

Menteri Olahraga Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal mengatakan kemampuan Kerajaan untuk menjadi tuan rumah perlombaan internasional seukuran F1 untuk pertama kalinya menjadi hal yang penting.

Presiden SAMF, Pangeran Khalid bin Sultan Al-Faisal, mengatakan, penggemar olahraga motor di Kerajaan akan sekali lagi menyaksikan acara balap global lainnya. Ross Brawn, direktur pelaksana F1, mengatakan bahwa selalu menarik untuk mengungkapkan detail sirkuit baru.

Ia menegaskan sirkuit Jeddah telah dikerjakan untuk menjadi sirkuit balapan profesional dengan menonjolkan desain terbaik di sirkuit balap jalanan modern. "Kami pasti menunggu balapan ini, dan dunia melihat detail sirkuit di lapangan di Arab Saudi," ujarnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement