Abu Dhabi Dinobatkan sebagai Kota Musik oleh UNESCO

Kamis , 11 Nov 2021, 05:55 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab

Di samping program musik penting dari Cultural Foundation, ada program-program dari banyak organisasi budaya Abu Dhabi seperti Abu Dhabi Music and Arts Foundation (ADMAF) yang sudah lama berdiri, yang di antara banyak kegiatannya, mendukung bakat dan musisi yang bercita-cita tinggi dan menyelenggarakan acara festival musik tahunan yang terkenal, sebuah kalender budaya andalan emirat.

 

Terkait

Ibu kota UEA ini memiliki warisan yang kaya dalam musik dan pertunjukan tradisional, dan kancah musik kontemporer yang berkembang pesat. Saat ini, emirat adalah rumah bagi sekitar 200 kebangsaan, masing-masing dengan budaya mereka sendiri dan beragam bentuk ekspresi musik.

Strategi budaya lima tahun Abu Dhabi yang dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Abu Dhabi (DCT Abu Dhabi), bertujuan untuk menarik lebih banyak perhatian pada keragaman musik ini. Hal itu untuk memanfaatkan musik di ruang publik guna meningkatkan kemampuan hidup dan hubungan emosional antara manusia dan tempat, serta untuk menemukan cara memanfaatkan musik sebagai alat untuk menghubungkan generasi tua dan muda.

Abu Dhabi sejak lama telah memprioritaskan budaya dan kreativitas sebagai pendorong penting pembangunan sosial dan diversifikasi ekonomi, secara terus-menerus mendorong bentuk ekspresi dan identitas yang bermakna yang mewujudkan dan membentuk pembangunan berkelanjutan yang berpusat pada manusia.

Musik adalah salah satu domain budaya dan kreatif yang telah memperlihatkan tingkat investasi dan dukungan yang signifikan. Abu Dhabi berada di persimpangan dunia Arab, Asia, Afrika, dan Eropa, dan warisan keterbukaan dan pertukaran budaya ini mendukung visi untuk menumbuhkan sektor musik yang mendorong inklusi dan identitas lintas komunitas dan generasi.