Kamis 11 Nov 2021 02:34 WIB

Ijtima Ulama Bahas  Hukum Pernikahan Online

Hukum pernikahan online menjadi bahasan dalam Ijtima Ulama.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Era Pandemi Covid-19 dan Pernikahan Online

Namun di era disrupsi dan akibat pandemi Covid-19 yang mengakibatkan keterbatasan pertemuan fisik secara langsung, banyak hal mengalami perubahan secara besar-besaran. Tidak hanya pada sektor ekonomi, pendidikan dan kebiasaan masyarakat, tetapi juga terjadi pada sektor ibadah dan muamalah seperti pada proses pernikahan secara online.

Pernikahan secara online tidak hanya dipandang tidak lazim oleh masyarakat Muslim, tetapi juga dalam prosesnya dapat terjadi beberapa permasalahan hukum yang harus diputuskan kepastiannya. 

Dalam hal keabsahan nikah, aturan saksi yang harus hadir dan menyaksikan secara langsung akad nikah dan menandatangani akta nikah pada waktu dan tempat akad nikah dilangsungkan dan aturan ijab qabul antara wali dengan calon mempelai pria harus jelas berurutan dan tidak berselang waktu.

Beberapa hal di atas tersebut dinilai sebagai suatu masalah yang perlu diangkat, didiskusikan dalam ijtima tiga tahunan MUI. Dalam konteks sekarang, online bukan sekedar telepon, namun dapat berkomunikasi langsung dalam waktu yang sama meski berada di tempat yang jauh yang disertai penglihatan fisik pihak lawan bicara. Tingkat akurasinya bisa dikonfirmasi melalui standar ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih. 

Dari deskripsi masalah di atas, muncul pertanyaan tentang hukum akad nikah dengan menggunakan cyber teknologi (komunikasi secara online).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement