Selasa 16 Nov 2021 02:35 WIB

Umat Islam di Bali Diminta Rawat Ukhuwah

Muslim sebagai minoritas di Bali harus menampilkan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani
Umat muslim Bali shalat berjamaah di sebuah masjid di Denpasar, Selasa (6/6).
Foto: Firdia Listiawati/AP
Umat muslim Bali shalat berjamaah di sebuah masjid di Denpasar, Selasa (6/6).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia, Komjen Pol (Purn) H Syafruddin, meminta kepada umat Islam di Provinsi Bali untuk menjaga prinsip-prinsip persatuan yang sudah melekat pada jiwa dan sikap kaum muslim sejak lama. Prinsip yang dimaksud yakni ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan sesama muslimin, serta ukhuwah insaniyah atau persaudaraan sesama umat manusia.

Hal tersebut disampaikan Syafruddin dalam acara Tauziah dan Silaturrahim Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) dengan masyarakat muslim di Masjid Baitul Makmur, Denpasar, Senin (15/11) malam. Tauziah yang diisi oleh ustaz Das'ad Latief dan dihadiri Ketua DPD DMI, Bambang Santoso.

Baca Juga

"Semoga kerukunan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah insaniyah yang sangat lekat kepada seluruh umat Islam di mana pun berada dan tertanam sampai kapanpun, hendaknya kita jaga dan selalu terjaga," kata Syafruddin, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.

Menurut Syafruddin, terlebih lagi di Provinsi Bali, kaum muslim adalah kelompok minoritas sehingga umat harus menampilkan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin.

Dia menyampaikan, arti Islam yang Rahmatan lil 'Alamin merupakan agama penuh rahmah, kasih sayang terhadap sesama manusia dan alam semesta, serta kontra terhadap kekerasan dan agresivitas terhadap sesama manusia dan alam semesta.

"Karena minoritas, maka kita bisa menampilkan, sekaligus memberikan pencerahan kepada masyarakat, bahwa Islam adalah Islam yang Rahmatan Lil 'Alamin. Islam yang sangat toleran, umat Islam bisa masuk ke kelompok mana pun, dan selalu bisa memberikan kerjasama di lingkungan mana pun berada," kata Syafruddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement