Selasa 16 Nov 2021 02:17 WIB

Dua Masjid Suci Jadi Contoh Pemanfaatan Panel Surya

Dua Masjid Suci menggunakan panel surya guna mengurangi emisi karbon.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jemaah umroh mengelilingi Ka
Foto:

Emisi karbon dioksida akan berkurang 12.025 ton per tahun jika panel PV dipasang di 10 masjid, dengan penghematan terbesar di Masjid Al Nabawi, di mana penghematan akan mencapai 3.199 ton karbon dioksida per tahun. Angka terkecil akan berada di Masjid Pusat Glasgow, di mana 43,5 ton karbon dioksida akan disimpan setiap tahun, yang berkali-kali lipat dari jejak karbon seseorang di Inggris.

Panel PV akan menyumbang antara 23 persen dan 100 persen dari permintaan energi di setiap masjid, kata para peneliti. Teknik termasuk pemodelan 3D digunakan untuk menentukan penghematan energi, sementara peneliti juga menentukan kemiringan optimal untuk panel PV di setiap masjid.

Para peneliti di American University of Beirut, Yayasan Energi Terbarukan Lebanon, dan Dewan Nasional untuk Penelitian Ilmiah di Lebanon menghasilkan angka-angka laporan tersebut. Selain dipasang di atap masjid, para peneliti menyusun rencana untuk menempatkannya di halaman yang berdekatan dengan bangunan, jika memungkinkan.

Biaya pemasangan yang dihitung bisa mencapai 3,1 juta dolar di Masjid Al Nabawi, angka yang paling mahal, tetapi ini akan dibayar kembali dalam waktu delapan tahun. Dalam beberapa kasus, biaya pemasangan dibayar kembali dengan lebih cepat, seperti 5 tahun di Masjid Pusat Glasgow. 

"Ketika kami terus menuntut kebijakan yang memberikan keadilan iklim, kami harus mengambil inisiatif dan menetapkan solusi yang mampu kami terapkan sendiri, seperti yang dilakukan di Masjid Pusat Glasgow minggu ini," kata Nouhad Awwad, juru kampanye proyek untuk Ummah for Bumi di Greenpeace Mena.

Panel surya dipasang tahun lalu di masjid studi lainnya, Masjid Istiqlal di Jakarta, yang sekarang menggunakan sebagian listrik yang dihasilkannya. Masjid-masjid lain dalam laporan tersebut adalah Masjid Al Azhar di Kairo, Masjid Al Hassan II di Casablanca, Masjid Agung Jamia di Lahore dan Masjid Agung Aljir.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement