Kamis 18 Nov 2021 04:23 WIB

Masjid Turk, Warisan Lintas Budaya di Pakistan

Desain arsitektur tersebut dipengaruhi oleh gaya Seljuk, Bizantium, Mamluk, dan Iran.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Turk di Pakistan
Foto:

Sebelumnya, masjid Turk diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yaitu masjid kubah tunggal, masjid T-plan dan masjid multi-unit atau multi-kubah. Masjid berkubah tunggal yang terdiri dari ruang persegi dibangun pada periode selanjutnya. Masjid Turk Karachi adalah masjid berbentuk persegi dengan empat menara panjang seperti pensil yang berdiri di empat sisi. Ada juga setengah menara dan setengah makam di satu sisi dinding, di mana 'Masjid Turki' ditulis dalam bahasa Urdu.

Abdul Malik Turk, yang meninggal pada 1970-an, dikenal sebagai imam sholat asal Turki terakhir yang menjadi muazin masjid ini. Setelah ia wafat, imam masjid diangkat secara lokal, dan masjid itu sendiri dijalankan oleh penduduk setempat meskipun berada di bawah pemerintah provinsi Pakistan.

Syed Ashraf Shah, yang keluarganya telah lama terkait dengan urusan masjid, mengatakan, pandangan sejarah yang paling populer adalah bahwa masjid itu dibangun oleh pemerintah Turki setelah kunjungan delegasi Turki ke masjid tersebut. daerah yang didominasi Hindu.

Meskipun demikian, masjid ini tidak didanai dan dikelola baik oleh pemerintah Turki maupun Pakistan meskipun terus berfungsi sebagai penghubung penting antara kedua negara. Ada beberapa masjid yang ditemukan di Pakistan dengan desain modern yang memukau, tetapi Masjid Turk dengan arsitekturnya dianggap oleh banyak orang sebagai simbol hubungan lintas budaya.

 

Beberapa penduduk di daerah tersebut menentang setiap modifikasi gaya atau desain bangunan yang akan mengubah gaya aslinya menjadi lebih modern. Melihat gedung-gedung megah ini, dapat dikatakan bahwa Turki telah berkontribusi besar dalam bidang arsitektur, berdiri di garis depan sebagai kontributor paling terkemuka untuk warisan dunia arsitektur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement