Senin 22 Nov 2021 03:20 WIB

Saudi Rayakan 75 tahun Berdirinya UNESCO

Sudah 75 tahun sejak Arab Saudi bergabung dengan UNESCO.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
UNESCO
Foto:

Sejarawan dan penulis Hamad Al-Salimi mengatakan kepada Arab News bahwa Kerajaan itu adalah pemimpin dalam bergabung dengan UNESCO dan memiliki kehadiran politik yang kuat untuk melayani tujuannya - tujuan Arab dan Muslim - melalui organisasi internasional.

"Itu berdampak positif pada Arab Saudi, termasuk mendaftarkan barang antik negara dan menangani peradaban dan warisan budayanya, serta mempresentasikannya ke semua negara bagian yang telah menyadari fitur arkeologi, seni, kerajinan dengan signifikansi sejarah yang dimiliki Kerajaan. menempatkan Kerajaan di garis depan panggung budaya umum," kata Al-Salimi.

Saat ini, Arab Saudi memiliki enam situs warisan yang terdaftar, yang pertama adalah situs arkeologi Hegra pada 2008, diikuti oleh distrik At-Turaif di Diriyah pada 2010, Jeddah yang bersejarah, pintu gerbang ke Mekah pada 2014, seni cadas di Hail pada 2015 , Al-Ahsa Oasis pada 2018 dan kawasan budaya Hima awal tahun ini.

Komitmen Arab Saudi terhadap kancah budaya di Kerajaan, yang dipimpin oleh Kementerian Kebudayaannya, jelas, dengan menjadi tuan rumah lebih dari 100 acara — bervariasi dari seni kuliner hingga kaligrafi dan arkeologi, pada akhir tahun 

Menjelang akhir tahun ini, Arab Saudi telah menempuh perjalanan panjang di sektor ini, dengan meraih beberapa gelar bergengsi. Kerajaan terpilih menjadi wakil presiden Komite Warisan Dunia Agustus lalu, sementara Hima Najran, rumah bagi lebih dari 100 ribu petroglif yang megah, diakui oleh UNESCO karena warisan dan signifikansi sejarahnya.

Organisasi tersebut juga mengakui Buraidah karena keahlian memasaknya yang luar biasa, kota Saudi kedua yang bergabung dengan jaringan Kota Kreatif UNESCO setelah Al-Ahsa, sebuah situs Warisan Dunia. Kepulauan Farasan juga bergabung dengan program Manusia dan Biosfer UNESCO.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement