Kamis 25 Nov 2021 15:30 WIB

Menag: Siswa Butuh Guru Thinking Out of The Box

Guru harus membuat siswa ketagihan belajar dan sadar literasi.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengunjungi Kompleks Percetakan Alquran Raja Fahd di Madinah, Selasa (23/11).
Foto:

Menag mengatakan, Kemenag terus peduli terhadap para guru demi pendidikan dan masa depan anak negeri. Di antaranya fokus pada program afirmasi untuk guru madrasah dan pendidikan agama. Kemenag terus berupaya meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi guru.

Sejumlah program afirmasi yang dilakukan sepanjang 2021. Menurutnya, Kemenag sudah mencairkan Tunjangan Profesi Guru (TPG), baik bagi Guru Madrasah maupun Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dengan anggaran mencapai Rp 9,9 triliun untuk 307.380 guru PNS dan non PNS.

Kemenag juga telah memberikan bantuan insentif kepada 273 ribu guru dengan anggaran sebesar 647 M. Sekitar Rp 1,7 triliun juga telah disalurkan tahun ini untuk menyelesaikan pembayaran selisih tunjangan kinerja (tukin) guru madrasah yang terhutang sejak 2015-2018. 

Tercatat ada 85.820 guru madrasah yang menerima manfaat dari afirmasi ini. Demikian juga dengan pembayaran tukin terhutang guru PAI dengan anggaran mencapai Rp158 miliar.

"Kemenag juga memberikan bantuan tunjangan khusus untuk 4.700 guru di wilayah 3T, dengan anggaran sebesar Rp 76,1 miliar," jelas Menag.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement