Pemimpin Tatarstan Usulkan Kazan sebagai Kota Alquran

Sabtu , 27 Nov 2021, 01:05 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Kul Syarif di Kota Kazan.
Masjid Kul Syarif di Kota Kazan.

IHRAM.CO.ID, KAZAN -- Presiden Tatarstan Rustam Minnikhanov mengusulkan agar Kazan menjadi Kota Alquran cetakan pertama di dunia Islam. Dia mengumumkan hal itu pada pertemuan kelompok Visi Strategis Dunia Rusia-Islam di Jeddah Arab Saudi.

 

Terkait

Minnikhanov mengatakan, Alquran dicetak di Kazan pada 1803, dan karena ini pula, dia menyampaikan inisiatifnya untuk menetapkan tahun 1803 sebagai tahun pencetakan Alquran oleh umat Islam untuk pertama kalinya.

Baca Juga

Minnikhanov juga mengatakan, tahun depan Tatarstan akan menandai peringatan 1.100 tahun adopsi Islam oleh Volga Bulgaria. Dia menambahkan, atas inisiatif Presiden Rusia Vladimir Putin, Rusia menjadi pengamat di Organisasi Kerjasama Islam pada tahun 2005.

"Hari ini kita harus memanfaatkan potensi hubungan kita sebaik-baiknya. Kita harus bersama-sama meningkatkan efektivitas perang melawan terorisme dan bekerja sama dalam melindungi nilai-nilai moral tradisional," kata Minnikhanov dalam pernyataan persnya, dilansir dari TASS, Jumat (26/11).

Dia juga mengajak untuk menjaga anggota masyarakat yang tidak terlindungi secara sosial dan minoritas nasional, memerangi bencana alam dan ulah manusia, dan bekerja sama dalam isu-isu ekologis.