China Beri Tambahan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 ke Afrika

Selasa , 30 Nov 2021, 14:24 WIB Reporter :Puti Almas/ Redaktur : Dwi Murdaningsih
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Uni Afrika bertujuan memberikan vaksinasi hingga 60 persen populasi pada 2022.
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Uni Afrika bertujuan memberikan vaksinasi hingga 60 persen populasi pada 2022.

IHRAM.CO.ID, BEIJING — Presiden China Xi Jinping mengumumkan negaranya akan memberi tambahan hingga satu miliar dosis vaksin untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) ke Afrika. Xi mengatakan bahwa langkah tersebut bertujuan membantu Uni Afrika mencapai tujuan memberikan vaksinasi hingga 60 persen populasi di benua itu pada 2022.

 

Terkait

Tambahan satu miliar dosis termasuk 600 juta sebagai sumbangan. Sementara, Xi mengatakan ada 400 juta akan diberikan melalui cara-cara seperti produksi bersama yang diberi oleh perusahaan-perusahaan Cina dan negara-negara Afrika yang relevan.

Baca Juga

Selain itu, China akan melakukan 10 proyek medis dan kesehatan untuk negara-negara Afrika. Ini juga termasuk mengirim 1.500 tenaga medis dan pakar kesehatan masyarakat ke Afrika.

Penyebaran varian Omicron yang pertama terdeteksi di Afrika Selatan telah mendorong dunia untuk mempertimbangkan kembali rencana membuka perjalanan internasional. Negara-negara dari Indonesia hingga Arab Saudi telah memberlakukan pembatasan perjalanan bagi pendatang dari Afrika bagian selatan untuk membatasi penyebarannya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini