Provokasi Israel di Masjid Ibrahimi

Selasa , 30 Nov 2021, 18:18 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya, Meilda Laveda, Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Ibrahimi
Masjid Ibrahimi

Dunia mengenalnya sebagai gua patriarkh. Letaknya di Hebron yang kini dikuasai Zionis Israel. Di bawah pemerintahan Islam, tempat ini menjadi masjid. 

 

Terkait

Nama masjid ini merujuk pada Nabi Ibrahim, yang pernah tinggal di Hebron sekitar 4.000 tahun lalu. Pada masa itu, Masjid Ibrahim diberi perhatian khusus dan didekorasi dengan banyak permadani hijau yang dihiasi dengan ayat-ayat Alquran.

Tempat sujud ini dianggap bangunan suci keempat dalam Islam dan tempat suci kedua di Palestina setelah al-Aqsha. Kata haram yang dimaksud adalah suci seperti yang diistilahkan bagi Masjidil Haram. Artinya, setiap orang diharamkan untuk melakukan perbuatan yang melanggar kesuciannya.

Tempat sujud ini terdiri dari halaman terbuka, kamar koridor kubah, dan gua. Bangunan ini digunakan untuk pemakaman Nabi Ibrahim AS, Nabi Ishaq AS, Nabi Yaqub AS, dan istri-istrinya. Lalu ada bangunan besar berukuran 60 meter dan lebar 34 meter.

photo

Masjid Ibrahimi di Hebron, Tepi Barat, akhirnya dibuka kembali. - (ABED AL HASHLAMOUN/EPA-EFE)

Di sekelilingnya terdapat tembok besar yang dibangun dari batu raksasa yang dipotong halus. Masjid Ibrahim memiliki dua menara yang didesain dengan gaya Mamluk dengan ketinggian masing-masing sekitar 15 meter dari permukaan bangunan.

Mimbar Masjid Ibrahim berada di sebelah kanan tangga mihrab yang memiliki ciri khas desain periode Dinasti Fatimiyyah. Mimbar ini dianggap paling tua yang digunakan umat Islam. Kendati demikian, kondisi mimbar masih terawat hingga kini.