Selasa 30 Nov 2021 18:18 WIB

Provokasi Israel di Masjid Ibrahimi

Dunia Islam mengecam kunjungan Presiden Israel Isaac Herzog ke Masjid Ibrahimi.

Rep: Dea Alvi Soraya, Meilda Laveda, Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Masjid Ibrahimi
Foto:

Di sebelah utara Masjid Ibrahim terdapat halaman terbuka yang dikelilingi oleh kamar, sedangkan di sudut utara masjid terdapat sebuah ruang untuk berdoa. Ada pun di bagian selatan terdapat mihrab dan serambi Sultan Barquq, dan di sebelah baratnya adalah Jami an-Nisa.

Di dalam masjid terdapat beberapa buah cenotaph atau bangunan mini yang melambangkan masing-masing jasad yang dikubur di gua Makfilah tepat di bawah masjid. Mereka adalah Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Cenotaph bagi laki-laki yang berada dalam ruangan tersebut berbentuk segi delapan, yaitu untuk Nabi Ibrahim, Nabi Yaqub, dan Nabi Ishak. Sementara untuk para wanita, cenotaph yang digunakan ber bentuk segi enam.

Meskipun usianya sangat panjang dan banyak terjadi gempa besar di Hebron, bangunan Masjid Ibrahim tidak kehilangan stabilitas dan tidak pernah mengalami kerusakan yang memerlukan restorasi.

Konstruksinya kuat. Fondasinya mampu menopang dan melindungi bangunan meski bumi bergetar. Kekuatan ini tak lepas dari rancangan yang matang dengan kesungguhan orang-orang yang membangunnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement