Selasa 30 Nov 2021 21:21 WIB

Tantangan Syiar Islam di Negeri Gingseng

Tantangan yang jelas di Korea Selatan adalah melawan Islamofobia.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Deretan restoran  halal  di kawasan
Foto:

Bagaimana Anda melihat toleransi beragama di Korsel?

Bagi orang Korea, sebenarnya masalah agama tidak terlalu menjadi perhatian. Jadi, kalau teman- teman mau shalat di tempat kerja, ya dipersilakan.Yang penting, tidak menganggu pekerjaan. Kalau teman-teman saya yang kuliah atau praktikum, mau shalat juga dipersilakan. Setelah selesai, kemudian kembali lagi ke kelas atau laboratorium. Jadi, dalam konteks itu masih ada toleransi dalam beragama.Memang, secara umum hampir 80 persen tidak ada masalah dalam hal beribadah.

Adapun yang-- katakanlah--20 persennya itu karena ada beberapa atasan yang mempermasalahkan teman-teman untuk shalat. Hal itu terjadi karena terkadang teman-teman sendiri yang sering memanfaatkan momentum shalat itu untuk bersantai. Padahal, waktu shalat sebenarnya hanya membutuhkan ya kira-kira lima atau 10 menit.

Karena itu, saya sering mengingatkan kepada teman-teman untuk selalu menjaga integritas. Kita tunjukkan bahwa kita profesional. Shalat tidak menjadi penghalang kita untuk tetap produktif.Justru, shalat itu merupakan pengingat waktu bagi kita untuk disiplin, profesional, dan produktif.

Apa saja tantangan bagi seorang Muslim yang mau tinggal di Korsel, menurut Anda?

Tantangannya yang jelas di Korea Selatan adalah melawan Islamofobia itu tadi, terutama bagi teman-teman Muslimah yang berhijab. Sebab, saat memakai hijab di musim panas, misalnya, teman- teman pasti menjadi pusat perhatian.

Namun, kita mencoba pelan-pelan untuk memberikan penjelasan kepada orang Korea soal itu.Kita perlu memberikan penjelasan yang rasional kepada mereka. Sebab, dasar pemikiran mereka adalah rasional. Misalnya, mengapa umat Islam tidak memakan daging babi? Mengapa tidak meminum alkohol? Kita mencoba menjelaskan itu semua dengan pelan-pelan. ed: hasanul rizqa

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement