Rabu 01 Dec 2021 16:54 WIB

Jauhilah Tujuh Perkara, Apa Saja?

Jauhilah tujuh perkara yang membinasakan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).
Foto:

Pertama, seseorang mengagungkan makhluk seperti ia mengagungkan Sang Khaliq. Perilaku ini biasanya dilakukan oleh orang bawahan yang statusnya sebagai budak maupun merdeka. Anda mendapatinya lebih mengagungkan tuan, raja, dan menterinya daripada pengagungannya kepada Allah. 

Untuk itu, kata Nabi Muhammad kita mesti memohon perlindungan kepada Allah dari perbuatan seperti ini karena merupakan kesyirikan yang besar. Yakni, Anda mengagungkan makhluk tidak berbeda dengan Anda lebih besar ketimbang pengagungan kepada Allah. 

Indikator Pengagungan yang melebihi pengagungan terhadap Allah ini bahwa bila pimpinan, menteri, raja atau tuannya mengatakan lakukan tugas ini pada waktu shalat, ia lebih memilih meninggalkan shalat dan menjalankan perintah tersebut walaupun seandainya waktu shalat habis, ia tidak peduli.

Sikap ini berarti ia memberikan pengagungan kepada makhluklebih besar dibanding pengagungan kepada Sang Khaliq, Allah.

Kedua, cinta. Yakni mencintai seseorang seperti kecintaan kepada Allah atau lebih besar lagi. 

"Anda akan melihatnya memuji-muji orang yang dicintai ini dan lebih mengharapkan cintanya daripada cinta Allah,"  katanya.

Perilaku ini kita berlindung kepada Allah- bisanya dilakukan oleh orang-orang yang sedang kasmaran. Orang yang sedang dimabuk cinta, baik kepada wanita dewasa maupun gadis, Anda akan melihat hatinyadipenuhi oleh perasaan cinta kepada selain Allah yang lebih besar daripada cinta kepada Allah. Allah telah berfirman :

"Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapan orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah..." (Al-Baqarah ayat 165).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement