Rabu 01 Dec 2021 17:32 WIB

Al-Shaikh Tuliskan Deskripsi Detail Mercusuar Alexandria

Deskripsi itu ditulis al-Shaikh dalam kitab berjudul Alif Ba.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Mercusuar Alexandria/Ilustrasi
Mercusuar Alexandria/Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Para musafir maupun ilmuwan Muslim menaruh perhatian penting kota Alexanderia (Iskandariyah) dalam kajiannya. Salah satunya, Yusuf Ibnu al-Shaikh al-Balawi dari Andalusia. 

Al-Shaikh dalam kunjungannya ke Alexandria coba mendeskripsikan salah satu monumen paling kuno di Mesir, yaitu mercusuar Alexandria.  Ibnu al-Shaikh lahir di Malaga pada 1132 M. Semasa hidupnya, dia hanya melakukan satu perjalanan ziarah ke Makkah, yakni pada tahun 1165.

Baca Juga

Pada tahun berikutnya, ia kembali ke kampung halamannya dan menuliskan kisah perjalanannya, termasuk menceritakan mercusuar Alexandria, yang disebut sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno.

Manuskrip berbahasa Arab yang ditulis al-Shaikh itu berjudul Kitab Alif Ba. Kitab itu ditemukan di perpustakaan Kairo, Mesir pada 1870. Namun, butuh waktu 60 tahun bagi orang Spanyol yang bisa berbahasa Arab, Miguel Asin Palacios untuk mengetahui pentingnya kitab tersebut.

Sebab, kitab itu ternyata bukan hanya mengisahkan tentang perjalanan al-Shaikh, tapi juga berisi ide-ide penting yang diajarkan al-Shaikh kepada putranya. Dalam kitab itu, Palacios juga menemukan deskripsi yang detail tentang ukuran mercusuar Alexandria, yang pernah dibuat seorang saksi mata sebelum diruntuhkan gempa bumi pada tahun 1323.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement