Rabu 01 Dec 2021 20:46 WIB

Macam-Macam Bimaristan

Bimaristan, sistem pelayanan medis yang dikembangkan peradaban Islam.

Bimaristan
Foto:

Di Baghdad pada masa gemilang Islam bahkan terdapat kawasan khusus penyem buhan orang-orang sakit. Raghib asSirjani mengutip riwayat dari Ibnu Jabir yang mengadakan perjalanan di kota tersebut pada 1184. Pengelana ini menga gumi adanya kompleks yang menyerupai ben teng kecil di pusat kota Baghdad.

Di tengah-tengahnya, terdapat istana besar nan megah. Kawasan ini dipercantik dengan taman-taman yang asri dan rumah-rumah kecil yang berada di sekelilingnya.Semua fasilitas itu merupakan wakaf bagi orang-orang sakit. Demikianlah, keadaan kompleks bimaristanbak istana kerajaan. 

Bagaimana dengan masyarakat di daerah-daerah pelosok? Para penguasa Muslim sudah mengantisipasinya dengan mengadakan pelayanan medis bergerak (mobile). Fasilitas dan dokter-dokter yang menyertainya setara dengan bimaristan permanen di kota-kota besar.

 

Ambil contoh apa yang dilakukan Sultan as-Saljuqi yang berkuasa antara tahun 1117-1131. Dia mempersiapkan kafilah-kafilah yang dilengkapi berbagai macam peralatan medis dan diikuti sejumlah dokter. Mereka lalu disebar ke pelbagai penjuru negeri agar setiap rakyat mendapatkan haknya akan kesehatan jasmani dan rohani. Dalam pengertian modern, bimaristanbergerak ini menyerupai ambulans atau puskesmas keliling.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement