Kamis 02 Dec 2021 15:48 WIB

Peringatan Alquran Soal Bahayanya Tipu Daya Setan

Alquran memberi peringatan kepada manusia agar waspada dengan tipu daya setan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto:

Setan dan pengikutnya turun temurun memusuhi terus menerus anak-cucu Nabi Adam. Dia senantiasa mengintip dan memperhatikan, di mana ada kelemahan mereka, di sanalah dia memasukkan jarumnya sebagai godaan dan tipuan.

Setan musuh yang sangat berbahaya, karena setan melihat mereka, sedang mereka tidak melihatnya. Dia lebih berbahaya dari musuh biasa yang dapat dilihat, karena musuh-musuh lahiriah itu dapat diketahui di mana adanya dan ke mana arah tujuannya, malah lebih berbahaya lagi dari musuh dalam selimut.

Setan mengalir dalam tubuh manusia seperti mengalirnya darah, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW ini. "Sesungguhnya setan itu mengalir pada tubuh anak-cucu Adam sebagaimana mengalirnya darah dalam tubuh." (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Anas)

 

Setan itu sama dengan bahaya penyakit yang tidak kelihatan. Ia menembus masuk ke dalam tubuh tanpa diketahui yang akibatnya menyedihkan sekali, karena sulit sembuh dalam waktu singkat dan ada kemungkinan tidak dapat sembuh sama sekali.

Berbeda dengan penyakit yang dapat dilihat dengan mata kepala seperti kudis dan sebagainya, dengan cepat dapat diobati dan dalam waktu singkat dapat sembuh. Kekhawatiran yang berakibat buruk seperti itu dapat terjadi hanya pada manusia yang kurang atau sama sekali tidak beriman, karena mereka itulah yang akan menjadi mangsa setan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement