Jumat 03 Dec 2021 20:02 WIB

Persiapan Pembangunan Museum Sejarah Nabi Telah Selesai

Persiapan pembangunan Museum Nabi Muhammad yang akan dibangun telah selesai.

Rep: Ali Yusuf, Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Ketua Umum Yayasan Sejarah Nabi Muhammad SAW Komjen Pol (P) Dr. Syafruddin menerima kunjungan Dr. Jaudat Barokat dan tim Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam di Kairo, Haji Syafruddin didampingi oleh Sekretaris Yayasan Ustadz Anizar Masyhadi, pengurus Yayasan Buyung Wijaya dan konsultan hukum Yayasan Muhammad Shobirin, SH.
Foto:

Di akhir masa jabatannya, Wakil Presiden Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla (JK) sempat mengunjungi lokasi pembangunan UIII dan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam pada Selasa (15/10). JK menyampaikan, para duta besar negara-negara sahabat merespon baik pembangunan kampus UIII. Maka dia berharap ada kerjasama lanjutan antara kampus UIII dengan negara-negara sahabat.

JK yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DMI menyampaikan bahwa UIII akan menjadi rujukan Islam Wasathiyah dunia dan menjadi pusat peradaban dunia. "Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia sudah selayaknya mempunyai perguruan tinggi Islam internasional yang mengajarkan nilai-nilai Islam yang moderat," katanya.

Menurutnya, Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia tapi selalu belajar keluar negeri. Semestinya orang luar belajar ke Indonesia. Di masa yang akan datang, JK ingin orang-orang belajar Islam ke Indonesia, bukan lagi belajar ke Al-Azhar di Mesir atau ke Arab Saudi dan Yaman.

JK juga menjelaskan bahwa lokasi pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam akan bersebelahan dengan kampus UIII. Dia berharap pembangunan museum bisa selesai pada tahun 2021.

Saat mengunjungi museum, JK didampingi Syafruddin sebagai Ketua Tim Perumus Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam dan Menteri PAN dan RB. Juga diikuti Menteri Luar Negeri, Menristekdikti, Menkominfo dan Walikota Depok, serta Duta Besar negara-negara sahabat. 

Pada Rabu (16/10) diselenggarakan rapat panitia pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam. Dalam rapat tersebut dibahas lahan yang akan dijadikan tempat pendirian museum dan persiapan pembangunan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement