Senin 06 Dec 2021 18:38 WIB

Amphuri Minta Pemerintah Relaksasi Karantina Jamaah Umroh

Amphuri menegaskan protokol kesehatan jamaah umroh akan dijalankan dengan ketat.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ani Nursalikah
Amphuri Minta Pemerintah Relaksasi Karantina Jamaah Umroh. Petugas merapikan tempat tidur untuk jamaah umrah di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (1/12). Kementerian Agama menyiapkan Asrama Haji Pondok Gede sebagai tempat karantina jamaah umrah dan akan menerapkan kebijakan satu pintu pemberangkatan jamaah. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan Pemerintah saat ini masih memfokuskan pengendalian Covid-19 jelang liburan Hari Natal dan Tahun baru 2022. Meskipun, Pemerintah Arab Saudi telah membuka jalan bagi jamaah Indonesia melakukan umroh, yakni dengan menerima vaksin Sinovac, tetapi Pemerintah belum memutuskan pembukaan umroh.

"Terkait umroh, Pemerintah masih melihat dan menyambut Saudi (yang) sudah menerima sinovac untuk melakukan umroh, dan masih diberlakukan karantina dan tentu pemerintah saat sekarang konsentrasi pada Nataru dulu," ujar Airlangga saat konferensi pers PPKM secara daring, Senin (6/12).

Airlangga mengatakan, jika Pemerintah telah bisa mengendalikan kasus Covid-19 hingga Nataru selesai, secepatnya Pemerintah akan membahas pembukaan keberangkatan umroh. Airlangga mengatakan, Pemerintah perlu memastikan situasi aman sebelum memutuskan pembukaan keberangkatan umroh. Apalagi, saat ini muncul varian baru Omicron yang sudah terdeteksi di 45 negara. 

photo
Infografis tempat ihram haji dan umroh - (Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement