Senin 06 Dec 2021 21:07 WIB

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin Terinspirasi Alhambra

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin miliki julukan masjid besi.

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin yang berlokasi di Kompleks Islam Putrajaya, Presint 3.
Foto:

Didorong kekuatan turbin gas, unit ini mampu menurunkan suhu ruangan agar lebih sejuk. Masjid ini tidak dilengkapi dengan menara, sebagaimana jamaknya. Hanya ada satu kubah besar yang berwarna putih perak. Pintu masuk utama diperkuat dengan beton bertulang kaca untuk meningkatkan integritas struktur.

Dinding hampir seluruh masjid ini dilapisi dengan kaca halus. Oleh karena itu, ter cipta ilusi seakan-akan masjid ini berwarna putih bening bila dilihat dari kejauhan. Kesan masjid ini makin menawan lantaran keindahan Danau Putrajaya yang bersih dan mengitari masjid kebanggaan warga Malaysia itu.

Jalan yang menuju bangunan utama merupakan skyway yang membentang. Nama resminya adalah Kiblat Walk karena memang searah dengan acuan kiblat. Luas pekarangan masjid ini sekitar 13.500 meter persegi.

Bagian dalam atau interior masjid ini sungguh memesona. Lantainya terbuat dari bahan pualam berkualitas tinggi. Pantulan sinar matahari yang berasal dari celah-celah din ding membuat nya tampak seperti hamparan kaca bening.

Pada bagian tempat jamaah melaksanakan shalat, lantainya dilapisi dengan karpet berwarna krem. Di depan mereka, terdapat mihrab yang ditandai dengan dinding panel kaca setinggi 13 meter. Bahannya seluruhnya diimpor dari Jerman.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement