Ahad 12 Dec 2021 17:17 WIB

PM Israel Melakukan Kunjungan Resmi Pertama ke UEA 

UEA bersama dengan Bahrain, Sudan dan Maroko normalisasi hubungan dengan Israel.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett memimpin rapat kabinet di kantor perdana menteri di Yerusalem, Ahad, 5 Desember 2021. Bennett pada hari Minggu mendesak kekuatan dunia untuk mengambil garis keras terhadap Iran dalam negosiasi untuk mengekang program nuklir negara itu, sebagai puncaknya pejabat pertahanan dan intelijen menuju ke Washington di tengah pembicaraan yang gagal.
Foto:

Pada Juli lalu, UEA membuka kedutaan besar di Israel yang berlokasi di gedung Bursa Efek, di Tel Aviv. Pada Juni, Israel telah terlebih dahulu membuka kedutaan besar di Abu Dhabi.

Sebelumnya UEA  tidak memiliki hubungan diplomatik atau hubungan lain dengan negara pendudukan. Setelah melakukan normalisasi hubungan, UEA dan Israel sepakat melakukan perjanjian bilateral terkait investasi, pariwisata, penerbangan langsung, keamanan, serta telekomunikasi. 

 

Arab Saudi mengumumkan amandemen aturan yang mengatur impor dari negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC). Hal ini merupakan upaya untuk menantang status UEA sebagai pusat perdagangan, dan bisnis di kawasan itu. Dengan perubahan aturan tersebut, maka barang-barang yang dibuat di zona bebas di dalam UEA atau dengan keterlibatan Israel akan terpengaruh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement