Senin 13 Dec 2021 01:42 WIB

Muslim Kanada Sesalkan Ada Masjid Dijadikan Simulasi Terorisme

Militer Kanada bangun masjid sebagai simulasi serangan terorisme.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Muslim di Kanada (ilustrasi)
Foto:

Menteri Anand percaya bahwa masyarakat yang terkena dampak harus dikonsultasikan untuk memastikan rasa hormat dan kepekaan setiap saat.

Komandan pangkalan CFB Suffield Letna Kolonel Stephen Burke mengatakan struktur bangunan masjid itu adalah bagian dari desa simulasi yang dibangun pada 2006 yang digunakan secara eksklusif oleh pasukan Inggris. Itu berada di area pelatihan "kering" artinya tidak ada peluru tajam yang digunakan di sekitarnya.

"Orang biasa jelas masih membawa senjata, masih melakukan latihan militer, tetapi tidak ada penembakan. Dan faktanya, hal seperti itulah yang secara aktif kami latih untuk mencegahnya,"ujar Letkol Burke. 

Dia menjelaskan jenis pelatihan yang dilakukan di sana mensimulasikan kehidupan desa wisata,  berperilaku di lingkungan asing, dan skenario pertempuran. Pasukan Kanada telah mengoperasikan latihan serupa.

Burke mengatakan sampai sekitar satu dekade lalu, bangunan simulasi digunakan di seluruh Kanada dalam skenario mirip Afghanistan. Dia mengatakan pelatihan telah bergeser ke basis yang lebih ad-hoc, menggunakan wadah kaleng laut sebagai struktur sementara selama latihan.

 

Tetapi menurut dia, lingkungan dengan ketelitian tinggi, yaitu fasilitas yang terlihat nyata, memiliki peran penting dalam pelatihan. Burke mengatakan pemahamannya adalah bahwa Inggris berencana untuk membongkar fasilitas saat ini dan merombaknya untuk skenario pelatihan baru.n Ratna Ajeng Tejomukti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement