Senin 13 Dec 2021 00:49 WIB

Bagaimana Malaikat Mengetahui Niat Kita dan Mencatatnya? 

Bagaimana cara malaikat menulis dan mengetahui niat dan tindakan manusia.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Hanya Allah yang Mengetahui segala sesuatu yang akan dilakukan Hamba Nya. Namun bagaimana cara malaikat menulis dan mengetahui niat dari tindakan baik dan buruk seorang manusia.

Dilansir di aboutislam.net, Ahad (12/12), ada dua pendapat tentang cara Malaikat mengetahui niat manusia. Pertama, niat buruk memiliki bau yang najis sedangkan niat baik memiliki bau yang baik. Inilah hal-hal yang dapat dibedakan oleh Malaikat.

Baca Juga

Kedua, Allah memberitahukan niat di balik perbuatan manusia kepada malaikat setelah niat itu terjadi. Dengan demikian, ini tidak bertentangan dengan fakta bahwa Malaikat tidak mengetahui yang dikerjakan.”

Dalam surat Al-Infitar ayat 10-12 dijelaskan,

 

وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ.

كِرَامًا كَاتِبِينَ.يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ

Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (perbuatanmu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.

photo

Infografis Doa Hadapi Kesulitan - (Infografis Republika)

Mengomentari ayat tersebut, Al-Qurtubi menjelaskannya dengan mengatakan malaikat dapat mengetahui perbuatan manusia.  Malaikat tidak hanya tahu apa yang dilakukan seseorang, tetapi apa yang ingin dia lakukan.

Sufyan ditanya; "Bagaimana Malaikat tahu jika seseorang memiliki niat buruk atau baik?" Dia membalas; “Ketika seseorang berniat untuk melakukan perbuatan baik, Malaikat mencium bau kesturi yang keluar darinya. Jika niatnya jahat, mereka mencium bau yang tidak sedap.”

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement