Selasa 21 Dec 2021 13:00 WIB

Kaligrafi Arab Masuk Daftar UNESCO, Tegaskan Universalitas Seni Islam

Kaligrafi Arab Masuk Daftar UNESCO, Tegaskan Universalitas Seni Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Kaligrafi Arab Masuk Daftar UNESCO, Tegaskan Universalitas Seni Islam. Foto: Pameran Kaligrafi Karya Seniman Muda Arab Saudi 
Foto: Arab News
Kaligrafi Arab Masuk Daftar UNESCO, Tegaskan Universalitas Seni Islam. Foto: Pameran Kaligrafi Karya Seniman Muda Arab Saudi 

IHRAM.CO.ID,DUBAI -- Wakil Menteri Kebudayaan Saudi Hamed Bin Muhammad Fayez berpartisipasi dalam upacara pembukaan Festival Al Burda edisi kedua. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pemuda Uni Emirat Arab ini berlangsung 19-21 Desember.

Kerajaan Arab Saudi menandai kehadirannya sebagai tamu kehormatan di festival yang didedikasikan untuk seni dan budaya Islam. Wakil Menteri hadir mewakili Menteri Kebudayaan Pangeran Badr Bin Abdullah Bin Farhan Al Saud.

Baca Juga

Dalam pidato yang disampaikan, ia menyatakan penghargaan kepada UEA yang telah menyelenggarakan festival ini. Kegiatan ini berlangsung untuk merayakan seni Islam, menyoroti perannya dalam pengalaman manusia modern, serta merangkul kekuatannya untuk mempromosikan perdamaian dan komunikasi global.

Dia menambahkan, keberhasilan Kerajaan baru-baru ini yang bekerja sama dengan 15 negara Arab, mendaftarkan kaligrafi Arab pada daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Hal ini sekaligus mengkonsolidasikan statusnya sebagai ikon global budaya Arab, serta menegaskan nilai kata artistik dalam komunikasi budaya antar negara dan orang-orang.

“Jika kaligrafi Arab memperkuat pentingnya bentuk ekspresi yang unik dalam satu budaya, maka dengan validasi lintas budaya ini juga menegaskan universalitas seni Islam,” kata dia.

Dia lantas menggarisbawahi komitmen Kerajaan menyoroti nilai seni ini melalui beberapa inisiatif. Kerajaan memberikan kesempatan bagi seniman, praktisi dan pakar budaya untuk mengeksplorasi hubungan antara berbagai bentuk seni Islam, serta dalam konteks budaya global dan periode sejarah yang lebih luas.

Partisipasi Kerajaan dalam Festival Al Burda terdiri dari kegiatan budaya yang diselenggarakan oleh Komisi Sastra, Penerbitan, dan Penerjemahan yang bekerja sama dengan Akademi Puisi Arab. Termasuk di dalamnya presentasi interaktif “Ensiklopedia Revisi Puisi Arab”, pemenang Pangeran Abdullah Al-Faisal Hadiah.

Kegiatan lainnya meliputi pertunjukan musik puisi dalam bahasa Arab klasik yang dibawakan oleh Komisi Musik, presentasi sinematik pencapaian inisiatif “Tahun Kaligrafi Arab”, maupun pembagian cinderamata kepada pengunjung.  

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/614963/SAUDI-ARABIA/Inscription-of-Arabic-calligraphy-on-UNESCOS-list-confirms-universality-of-Islamic-arts

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement