Selasa 21 Dec 2021 18:00 WIB

Teknologi Virtual Sentuh Hajar Aswad Tuai Kritik

Penggunaan teknologi realitas virtual di tempat suci dinilai sesuatu yang rusak agama

Rep: Kiki Sakinah / Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Hajar Aswad
Foto:

Sementara itu, Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi menegaskan belum menerbitkan izin untuk mencium hajar aswad di Makkah. Kementerian juga mengatakan belum ada layanan yang ditambahkan pada aplikasi Eatmarna untuk memesan janji mencium Hajar Aswad.

Kementerian menekankan prospek mengizinkan ritual mencium Hajar Aswad tunduk pada peraturan Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci. "Juga tidak akan ada izin untuk masuk ke dalam Ka'bah Suci," kata sumber kementerian dilansir dari Saudi Gazette, Senin (20/12).

Sebelumnya, kementerian mengumumkan akan ada opsi pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna untuk memesan janji untuk mencium Hajar Aswad, menyentuh Rukun Yaman (Al-Rukn Al-Yamaani), dan melakukan sholat di Hijr Ismail, yang sebagian di antaranya adalah dianggap sebagai bagian dari Ka'bah Suci.

Kementerian mengatakan pengaturan itu dilakukan setelah menambahkan ikon baru berjudul "Tawaf" pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna untuk mereka yang melakukan tawaf untuk non-umroh. Kementerian juga membuat beberapa prosedur dengan mengajukan proposal untuk memanfaatkan penghalang yang tersedia di mataf (area melingkar di sekitar Ka'bah) untuk mengatur masuk dan keluar sehingga memungkinkan peziarah dan jamaah lainnya mencium Hajar Aswad.

Batu berdiameter 30 cm di Ka'bah itu dikenal dalam bahasa Arab sebagai al-Hajr al-Aswad. Muslim percaya hajar aswad yang terkenal turun langsung dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim AS oleh malaikat Jibril. Batu itu terletak di dalam lapisan perak murni dan terletak di sudut Ka'bah, sekitar satu setengah meter dari tanah.

Hajr-e-Aswad terletak di sudut timur Ka'bah dan dianggap utuh, yang dapat dilihat ditempatkan dalam bungkus perak, tetapi sebenarnya terdiri dari delapan batu kecil yang dibentuk bersama menggunakan kemenyan Arab, menurut AlArabiya News.

Batu terkecil tidak lebih besar dari 1 cm, sedangkan yang terbesar tidak melebihi 2 cm. Penutup, terbuat dari perak murni, hanya berfungsi sebagai mekanisme perlindungan untuk batu suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement