Kamis 23 Dec 2021 21:01 WIB

Ada 62 Bank Wakaf Mikro di Indonesia

Saat ini sudah ada 62 Bank Wakaf Mikro (BWM) di Indonesia.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Maruf Amin didampingi Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso meresmikan pendirian Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilil Muttaqien di Metro Lampung, Kamis.
Foto:

"Saya harapkan langkah ini dapat menginspirasi berbagai pihak lainnya untuk ikut mewujudkan tanggung jawab sosial secara lebih konkret, terima kasih kepada para donatur yang sudah menyumbangkan ini. Mudah-mudaan ada lagi donatur lain," ujarnya.

Ketua Dewan Komioner OJK Wimboh Santoso mengatakan OJK akan terus mengembangkan Bank Wakaf Mikro termasuk memperbanyak di daerah. Sebab, kehadiran BWM ini diperlukan untuk pembiayaan dan pembinaan masyarakat yang belum diakses oleh pembiayaan formal.

"Dan ini kami laporkan sudah ke 62 bapak wapres, dan ini akan terus kami lakukan meskipun sempat kemaren sedikit tertahan karena masa pandemi," kata Wimboh.

Saat ini, kata Wimboh, sudah ada kelonggaran waktu untuk bisa memulai lagi mengembangkan BWM dan membina masyarakat di daerah-daerah. Ia memastilan, pembiayaan BWN hampir tidak ada imbal hasil yang mahal kepada masyarakat.

"Hanya bantuan secara administrasi tiga persen dan ini bisa dicicil kalau tadi ada lima juta itu berarti kira-kira setiap minggu itu hanya Rp 120/130 ribu dibawa sambil pengajian atau mingguan, nanti setahun lama lama lunas, dan begitu lunas boleh minta lagi dengan jumlah yg lebih besar," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement