Jumat 24 Dec 2021 22:22 WIB

 Hukum Mengulang sholat Wajib

Apa hukum mengulang sholat wajib?

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )

IHRAM.CO.ID, JAKARTA  -- Kadangkala tak sedikit umat Islam yang merasa ada kekurangan atau kecacatan dalam menjalankan sholat wajibnya. Jika demikian, apakah sholatnya boleh diulang?

Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjelaskan, mengulang sholat maksudnya adalah mengulang kembali suatu sholat wajib yang sudah dikerjakan secara lebih sempurna dan tanpa cacat. Sebelumnya, sholat tersebut penuh kekurangan atau cacat yang harus disempurnakan.

Baca Juga

Beliau menjelaskan, hukum mengulang sholat adalah sunnah. Misalnya, tatkala seseorang sudah selesai mengerjakan sholat Dzuhur sendiri, ia berjumpa dengan suatu jamaah yang sedang mengerjakan sholat Dzuhur. Maka, ia disunahkan untuk kembali melakukan sholat Dzhuhur bersama para jamaah.

Bagi orang tersebut, sholat yang wajib adalah yang pertama, sedangkan sholat kedua hukumnya adalah sunnah. Imam Tirmidzi meriwayatkan usai mengerjakan sholat Subuh, Nabi melihat dua orang pria yang tidak ikut sholat bersama beliau. Maka, beliau pun bertanya, “Apa yang menghalangi kalian untuk ikut sholat dengan kami?” mereka menjawab, “Rasulullah, kami sudah sholat di tempat kami,”.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement