Arab Saudi Investasikan Jutaan Dolar untuk Teknologi Pertanian Vertikal

Senin , 27 Dec 2021, 05:07 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Arab Saudi Investasikan Jutaan Dolar untuk Teknologi Pertanian Vertikal. Ilustrasi pertanian vertikal,
Arab Saudi Investasikan Jutaan Dolar untuk Teknologi Pertanian Vertikal. Ilustrasi pertanian vertikal,

Seorang ahli dalam pertanian vertikal Faleh Al-Juhani mengatakan tujuan dari pertanian vertikal adalah mendapatkan makanan sebanyak mungkin dan memperluas variasi tanaman. Hal itu dilakukan dengan menciptakan kondisi iklim yang luar biasa di mana mereka dapat meningkatkan tingkat produksi per meter persegi, selama kondisi yang sesuai tersedia dalam hal pencahayaan, keberlanjutan, serta pertumbuhan dan perencanaan.

 

Terkait

Ia menjelaskan, pertanian vertikal dilakukan di gedung tinggi. Kombinasi cahaya buatan dan alami digunakan untuk mendapatkan tingkat fotosintesis yang diperlukan. Sementara itu, metode aerobik atau hidroponik dan bahan organik dari beberapa tanaman digunakan untuk menumbuhkan tanaman.

"Pertanian vertikal membantu mencapai keberlanjutan dengan mengurangi beberapa biaya yang terlibat dalam pertanian tradisional, dan menghemat lebih dari 90 persen air yang digunakan," kata Al-Juhani.

Dia menggemakan pengamatan Al-Soqeer tentang perkiraan pertumbuhan populasi perkotaan. Dengan sekitar 80 persen populasi dunia diperkirakan tinggal di daerah perkotaan pada 2050, Al-Juhani mengatakan permintaan makanan di lokasi ini akan meningkat dan penggunaan pertanian vertikal yang efektif akan menjadi alat penting untuk mengatasi tantangan ini.

Ia menambahkan, pertanian vertikal memungkinkan produksi tanaman yang melimpah sepanjang tahun dengan sangat signifikan. Pasalnya, di Arab Saudi dan sama dengan negara lainnya, banyak tanaman yang ditanam secara tradisional terpengaruh oleh cuaca dingin. Akibatnya, terjadi kekurangan pasokan yang dapat menyebabkan kenaikan harga yang bisa sulit dikendalikan. Al-Juhani mengatakan selain fasilitas khusus, pertanian vertikal dapat diterapkan di rumah, di atap dan di balkon.

"Ini adalah metode yang mudah dan menyenangkan, terlepas dari keyakinan mendalam kami tidak ada yang dapat menandingi efisiensi dan kualitas tanah. Inilah sebabnya mengapa banyak negara di dunia telah menggunakan solusi radikal dan penting dan berhasil dalam hal ini," tambahnya.

https://www.arabnews.com/node/1992111/saudi-arabia