Sahabat Nabi SAW yang Dihargai 100 ribu Dinar oleh Romawi

Selasa , 28 Dec 2021, 03:20 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Abdullah bin Sa'ad adalah saudara sepersusuan Utsman bin Affan. Dia adalah penunggang kuda Quraisy yang sangat populer kala itu. Semasa hidupnya selama membela Islam, lehernya pernah dihargai 100 ribu dinar oleh Raja Romawi.

 

Terkait

Dijelaskan dalam 'Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah' karya Syaikh Muhammad Sa'id Mursi, bahwa seorang juru bicara Raja Romawi Georgerius mengumumkan kepada orang-orang bahwa siapa yang berhasil membunuh Abdullah bin Sa'ad akan diganjar imbalan sebesar 100 ribu dinar, dan juga akan dinikahkan dengan putri raja.

Baca Juga

Namun, Abdullah bin Sa'ad membalas tantangan Raja Romawi, dengan menyampaikan bahwa siapa yang berhasil membunuh dan memenggal kepala Georgerius maka akan diberi imbalan sebesar dua kali lipatnya yaitu 200 ribu dinar.

Selain itu, jika ada orang yang berhasil juga akan dikawinkan dengan putrinya dan akan diangkat menjadi pegawai di wilayah kekuasaannya. Setelah itu, seorang tentara Muslim berhasil membunuh Georgerius.

Di masa kekhalifahan Utsman bin Affan, Abdullah bin Sa'ad meminta kepada Utsman untuk melakukan pembebasan di wilayah Afrika. Lalu Utsman membekalinya dengan pasukan dalam jumlah yang besar. Saat itu Pasukan Romawi berusaha menyerang Afrika utara melalui jalur laut dengan 500 kapal perang.