Selasa 28 Dec 2021 12:00 WIB

 Alquran: Berdoalah Sambil Menyebut Nama-Nama Allah

Alquran memberi tahu agar berdoa dan berzikir sambil menyebut nama-nama Allah.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alquran memberi tahu agar berdoa dan berzikir sambil menyebut nama-nama Allah yang paling baik, supaya iman mereka bertambah kuat dan subur. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-A'raf Ayat 180 dan tafsirnya, ada 99 nama Allah dalam hadist tapi dalam Alquran nama-nama Allah lebih dari 99.

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

Baca Juga

Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (AS Al-A'raf: 180)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, Al-Asmaul Husna artinya nama-nama Allah yang paling baik, paling luas, dan paling dalam pengertiannya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW ini.

 

"Sesungguhnya Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa menghafalnya masuklah dia ke surga." (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

Jumlah 99 itu tidaklah berarti batas jumlah, sesungguhnya nama Allah itu tidaklah terbatas. Dalam Alquran nama Allah lebih dari jumlah angka tersebut. Nama-nama itu merupakan sifat dari zat Allah Yang Maha Esa, bukan zat Tuhan yang dikira orang musyrikin.

Terjemahan nama-nama Allah sesungguhnya tidak dapat diterjemahkan secara tepat. Terjemahan ini sekedar untuk menjelaskan maknanya sesuai dengan keterbatasan bahasa Indonesia. Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk menyebutkan nama-nama yang paling baik ini dalam berdoa dan berzikir. Karena dengan berdoa dan berzikir itu mereka selalu ingat kepada Allah, dan iman mereka bertambah hidup dan subur dalam jiwa mereka.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement