Tim Advance Mulai Jalani Rangkaian Ibadah Umroh

Rabu , 29 Dec 2021, 10:14 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Muhammad Hafil
Tim Advance Mulai Jalani Rangkaian Ibadah Umroh. Foto: Umroh di masa pandemi
Tim Advance Mulai Jalani Rangkaian Ibadah Umroh. Foto: Umroh di masa pandemi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Advance Mitigasi Sistem Umroh Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Azhar Ghazali, mengatakan, pada Selasa (28/12) siang waktu Arab Saudi, seluruh tim akan berangkat ke Madinah sesuai rencana awal melaksanakan umroh. Sebelumnya tim telah menjalani karantina kedatangan selama empat malam lima hari di Jeddah, Arab Saudi.

 

Terkait

"Alhamdulillah, lima orang tim advance Amphuri dinyatakan negatif setelah melalui dua kali tes PCR yakni pada hari kedua dan hari keempat saat karantina," kata Azhar dari Jeddah kepada Republika, Selasa (28/12).

Baca Juga

Ia menyampaikan, sebelum berangkat ke Madinah, harus memastikan kelengkapan dokumen perjalanan. Di antaranya paspor, visa, hasil PCR dua kali selama karantina dan surat jalan untuk masuk kota Madinah.

Azhar bersama tim advance mitigasi sistem umrah Amphuri akan menempuh perjalanan sekitar 415 kilometer diri Jeddah ke Madinah melalui rute 15. Mereka membutuhkan waktu sekitar 4 jam 9 menit untuk tiba di Madinah.

"Tim advance mitigasi sistem umroh Amphuri juga memastikan bahwa setiap data setiap anggota tim telah terintegrasi dalam aplikasi Tawakkalna, sebuah aplikasi yang wajib dimiliki jamaah sebagai syarat untuk memasuki Haramain nantinya untuk melaksanakan ibadah," ujar Azhar.

Menurutnya, berdasarkan informasi dari Muhasasah terkait aplikasi Tawakkalna ini, khusus jamaah umrah semuanya telah dilaporkan dan diurus oleh Muassasah. Setiap jamaah akan diberi penanda berupa gelang sebagai alat pengenal dan bukti bahwa mereka telah terdaftar di Tawakkalna sebagai jamaah umroh.

Ia menambahkan, tim advance mitigasi sistem umrah Amphuri akan berada di Madinah selama lima hari untuk melaksanakan ibadah ziarah ke makam Rasulullah SAW dan sholat lima waktu di Masjid Nabawi.

"Selama di Madinah, tim akan menginap di hotel Millenium Aqeq bintang lima, di mana setiap kamar akan ditempati dua orang," jelas Azhar.

Azhar juga menginformasikan bahwa sekarang di Madinah sedang musim dingin, cuacanya sekitar 12-16 derajat celcius. Bersyukur tim dalam keadaan sehat dan siap melaksanakan ibadah serta melanjutkan tugas dalam misi uji coba umrah yang nantinya menjadi percontohan dan bahan evaluasi keberangkatan jamaah umroh dari Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini