Kamis 30 Dec 2021 13:18 WIB

Ketua MUI Ajak Umat Muhasabah di Akhir Tahun

Kegiatan Muhasabah Akhir Tahun MUI ini akan digelar di Masjid Istiqlal Jakarta

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Masjid Istiqlal di Jakarta
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
Masjid Istiqlal di Jakarta

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis mengajak masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam untuk mengisi akhir tahun ini dengan hal-hal yang positif. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan Muhasabah Akhir Tahun yang digelar MUI Pusat.  

“Kita ingin mengajak mengisi hal-hal yang positif di tengah libur kita, dimulai dari kita muhasabah, evaluasi diri, mengoreksi diri sendiri,” ujar Kiai Cholil saat bersilaturrahim ke Kantor Harian Republika beberapa waktu lalu.

Kegiatan Muhasabah Akhir Tahun MUI ini akan digelar secara hibrid dan hanya akan dihadiri tak lebih dari 100 jamaah di Masjid Istiqlal Jakarta pada Kamis (30/12) malam pukul 20.00 WIB. Selain itu, acara ini juga akan digelar secara virtual melalui berbagai platform. Diantaranya, lewat republika.co.id, youtube, dan TVMUI.

Kiai Cholil juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga protokol kesehatan di libur akhir tahun kali ini. Karena, menurut dia, bisa saja penularan Covid-19 melonjak lagi. “Umat jangan sampai lengah karena PPKM dicabut, kemudian dia lupa bahwa Covid-19 masih ada dan mungkin bisa menular,” ucap Kiai Cholil.

Muhasabah Akhir Tahun 2021 ini digelar MUI Pusat untuk pertama kalinya. Melalui kegiatan ini, menurut Kiai Cholil, MUI ingin menyampaikan hal spiritual kepada umat dan mengajak untuk berdoa bersama kepada Allah SWT.

“Kita ini memang harus selalu mengoreksi diri, menghitung dari apa yang kurang, apa yang janggal, sehingga kita bisa sempurnakan menjadi resolusi di tahun yang akan datang. Yang baik tentu dipertahankan dan tambah lebih baik. Yang tidak baik kita tinggalkan,” kata dia.

Kiai Cholil menjelaskan, dengan adanya pergantian waktu, maka tentu umur manusia akan bertambah dan semakin mendekati kematian. Karena itu, dia juga berpesan kepada umat Islam untuk memikirkan apa bisa diperbuat di dunia ini dan mempersiapkan bekal untuk menghadap sang Ilahi.

Dalam kegiatan Musahabah ini, MUI akan menghadirkan sejumlah tokoh dan ulama dari berbagai ormas Islam untuk memberikan tausiyah, seperti Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar, Wakil Menteri Agama Zainut Taudid, Ustaz Adi Hidayat, Habib Nabiel Al-Musawa, dan juga Habiburrahman El Shirazy.

Kiai Cholil Nafis sendiri juga akan turut memberikan tausiyahnya. Selain itu, Ketua Dewan Pertimbangan MUI sekaligus Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin dan Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar juga akan memberikan sambutannya lewat daring.

“Kita mengunsang dari tokoh masyarakat, kita mengundang Dewan Pertimbangan MUI yang ketepatan sekarang adalah Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin untuk memberikan pengantar, bimbingan,” jelas Kiai Cholil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement