Kamis 30 Dec 2021 18:48 WIB

5 Catatan MUI untuk UNHCR Soal Pengungsi di Indonesia

Komitmen bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan tidak pernah diragukan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
 Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Sudarnoto Abdul Hakim
Foto:

Sudarnoto mengatakan, catatan keempat, UNHCR harus berhasil meyakinkan negara-negara pemberi suaka politik agar segera membuka diri dan menerima para pengungsi. Ini adalah langkah produktif dan bisa menjadi solusi bersama bagi UNHCR, Indonesia, negara pemberi suaka politik dan pengungsi.

Menurutnya, kebuntuan selama ini ada di UNHCR dan ini harus segera dijebol. Karena itu perbincangan diplomatik harus segera dilakukan lebih intensif dan penuh kepastian. Sehingga dalam waktu dekat ada langkah-langkah konkret terukur untuk penyelesaian urusan pengungsi ini.

Ia menambahkan, yang kelima, MUI, ormas-ormas Islam dan seluruh komponen masyarakat civil society terutama di daerah-daerah di mana pengungsi berada perlu juga segera secara bersama-sama melakukan langkah. Di antaranya membuat semacam gugus atau aliansi masyarakat Indonesia untuk pengungsi. Melalui aliansi inilah berbagai masalah yang timbul terkait dengan pengungsi bisa ditangani.

"Karena itu aliansi ini bisa memainkan peran-peran advokasi, edukasi, healing dan pemberdayaan bagi pengungsi. Peran-peran mediasi antara pengungsi dengan berbagai pihak juga bisa dilakukan oleh aliansi ini," jelas Sudarnoto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement