Georgios G, Kapal Karam Yunani Jadi Objek Wisata Favorit

Kamis , 30 Dec 2021, 20:12 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
Georgios G, Kapal Karam Yunani Jadi Objek Wisata Favorit
Georgios G, Kapal Karam Yunani Jadi Objek Wisata Favorit

IHRAM.CO.ID,TABUK—Sebuah kapal karam di barat laut Saudi dimanfaatkan sebagai salah satu objek atraksi wisata utama di Tabuk. Bangkai Georgios G, kapal kargo raksasa Yunani, yang karam 43 tahun lalu itu memiliki panjang 71,6 meter, lebar 11 meter dan tinggi 4,9 meter, dan merupakan kapal buatan Inggris 1949 silam. 

 

Terkait

Pada tahun 1978, Georgios G berlayar dari salah satu pelabuhan Yunani menuju pelabuhan Aqaba di Yordania yang sarat dengan bahan makanan. Saat melewati perairan internasional di malam hari, ia melenceng dari jalurnya di timur ke perairan teritorial Arab Saudi, di mana ia menabrak terumbu karang dekat pantai Bi'r Al-Mashi, 55 kilometer selatan provinsi Haql.

Baca Juga

Tabrakan itu membuat lubang besar di tubuhnya, menyebabkan banjir di bagian depannya. Upaya untuk menyelamatkan kapal itu sia-sia dan kapal itu karam sejak saat itu, dengan sekitar dua pertiganya tertutup air. Bagian depannya berada di pantai yang miring ke arah laut, memberikan sisa-sisa kenangan suram tentang malam yang sulit yang telah dilalui oleh kapten dan awak kapal.

Sumber

https://www.arabnews.com/node/1993386/saudi-arabia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini