Kamis 30 Dec 2021 21:35 WIB

Gelar Muhasabah Akhir Tahun, MUI Bangkitkan Spiritualitas Umat

Kegiatan muhasabah yang diisi dengan istighosah dan tausiyah dari ulama dan habaib.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Muhasabah (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Muhasabah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menggelar acara Muhasabah Akhir Tahun 2021 di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (30/12) malam. Kegiatan muhasabah yang diisi dengan istighosah dan tausiyah dari ulama dan habaib ini diharapkan bisa membangkitkan spiritualitas umat Islam. 

Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat, KH Ahmad Zubaidi mengatakan, kegiatan Musahabah Akhir Tahun ini digelar oleh MUI untuk pertama kalinya. Kedepannya, kata dia, MUI akan menjadikan kegiatan muhabah dan istighosah ini sebagai tradisi di akhir tahun.

Baca Juga

"InsyaAllah kita di Komisi Dakwah akan terus mentradisikan muhasabah dan istighosah sebagai upaya untuk terus membangkitkan spiritualitas umat di tengah berbagai macam bencana," ujar Kiai Zubaidi kepada Republika.co.id, Kamis (30/12).

Menurut dia, sepanjang tahun 2021 masyarakat Indonesia telah banyak menghadapi ujian dan cobaan. Karena itu, menurut dia, muhasabah dan istigosah ini sangat penting untuk dilakukan, sehingga umat Islam memiliki ketegaran, ketabahan, dan kesabaran dalam menghadapi berbagai bencana ini.

 

"Harapannya dengan muhasabah dan istighosah ini, bencana bisa berkurang dan kalau bisa tidak ada bencana lagi, khususnya korona ini mudah-mudahan segera berkahir dan omicron tidak besar seperti varian-varian yang sebelumnya," ucap dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement