Senin 03 Jan 2022 13:08 WIB

Pemakaman Blackburn Berencana Bangun Ruang Sholat

Ruang terpisah akan diberikan bagi untuk Muslim berdoa dan melakukar ritual pemakaman

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Desain masjid baru yang akan dibangun di Jalan Blackburn, Bolton, Inggris
Foto: theboltonnews
Desain masjid baru yang akan dibangun di Jalan Blackburn, Bolton, Inggris

IHRAM.CO.ID, BLACKBURN -- Sebuah rencana untuk membangun fasilitas ruang sholat baru telah diajukan pemakaman di Blackburn, Pleasington Cemetery off Tower Road. Ruangan terpisah akan diberikan bagi komunitas Muslim berdoa dan melakukan ritual sebelum proses pemakaman.

Pemakaman ini dipilih untuk menjadi tuan rumah ruang sholat tambahan karena lahannya yang luas. Situs ini mencakup ruang pemakaman bagi sejumlah agama, serta area yang sebagian besar diperuntukkan bagi komunitas Kristen dan Muslim.

Baca Juga

Dilansir di Lancs, Senin (3/1), proposal perencanaan tersebut telah dikirim ke pihak terkait oleh Dewan Borough Darwen, yang menetapkan rencana ruang sholat yang akan digunakan secara dominan oleh komunitas Muslim di daerah setempat. Harapannya, masyarakat setempat yang menghadiri upacara pemakaman di Pleasington Cemetery dapat menggunakan ruangan ini saat akan melakukan pemakaman.

Sebuah musala disebut sudah ada di lingkungan pemakaman. Namun, rencana fasilitas baru ini ingin membuat bangunan terpisah, yang dirancang dengan simpatik agar sesuai dengan lingkungan saat ini.

 

Gedung baru ini akan mengakomodasi fasilitas ruang shalat terbuka dengan ruang wudhu dan WC. Nantinya juga akan tersedia tempat parkir mobil yang berdekatan dengan gedung baru, menyediakan ruang yang cukup untuk kendaraan jenazah.

Penempatan bangunan disebut sangat penting untuk shalat umat Islam, karena komunitas Muslim berdoa ke arah Ka'bah di Makkah, di mana pun di dunia mereka berada.

Bangunan ini juga akan ditempatkan dalam jarak dekat dengan tanah pemakaman Muslim yang telag ditunjuk, dimana bagian depannya akan menghadap ke tenggara, sesuai dengan keyakinan agama. Fasilitas tersebut akan dibuka sesuai jam buka kantor pemakaman, yaitu pukul 8 pagi hingga 4 sore. Di sisi lain, proses dan tanah pemakaman akan terus beroperasi di bawah jam buka yang ada, yaitu 08:00 sampai 22:00.

Kelompok Pemakaman Muslim Blackburn (BMBS) merupakan pihak yang mengelola dan menangani semua pengaturan pemakaman. Secara historis, mereka bekerja sama dengan semua masjid lokal dan LCM, menawarkan pelatihan proses penguburan bagi sukarelawan.

Jika rencana pembangunan ini disetujui, kelompok tersebut akan dilengkapi dengan jaket visibilitas tinggi dan radio di pemakaman. Fasilitas ini akan digunakan untuk komunikasi dan membantu operasi di lokasi selama periode sibuk

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement