Senin 03 Jan 2022 17:45 WIB

Setiap Amal Baik Ada Pahalanya

Satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan, bahkan lebih.

Amalan Ilustrasi
Foto:

Imam an-Nawawi dalam kitab Syarh Shahih Muslim menjelaskan, hadis itu menunjukkan keutamaan yang besar bagi orang yang memulai melakukan satu amal kebaikan dan menjadi pembuka pintu amal kebaikan bagi yang lainnya. Siapa saja yang melakukan amal yang baik, ia akan men dapatkan pahala semisal dengan pa-hala-pahala yang didapatkan oleh orang-orang yang mengamalkan kebaikan terse but, karena mencontohnya, semasa hidup-nya atau setelah matinya sampai hari kiamat.

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan satu pun kebaikan yang dilakukan karena jika kebaikan itu dilihat kemudian ditiru oleh orang lain, ia akan mendapat kan pahalanya dan pahala dari orang yang me niru itu tanpa sedikit pun mengurangi pa hala si peniru tadi. Sebaliknya, jangan pula menyepelekan keburukan sekecil apa pun.

Karena, jika keburukan itu ditiru oleh orang lain, ia akan ikut mendapatkan dosanya dan dosa dari orang yang meniru keburukannya. Kita bisa mengembangkan nilai pahala kita dengan melakukan kebaikan dan kemudian orang lain meniru melakukan kebaikan yang sama dengan yang kita lakukan. Wallahu a'lam

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement