3 Langkah yang Dibutuhkan Segera Setelah Berbuat Maksiat

Selasa , 04 Jan 2022, 16:17 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi Taubat
Ilustrasi Taubat

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Setiap Muslim harus segera bertaubat setelah melakukan dosa. Pertaubatan ini diperlukan karena setiap manusia adalah tempatnya salah sehingga sudah semestinya taubat tersebut dilakukan segera. Bahkan tidak menutup kemungkinan, detik ini juga kita melakukan dosa.

 

Terkait

Karena begitu banyak godaan di mana-mana untuk melakukan perbuatan dosa, maka setiap Muslim harus segera menyadari bahwa permohonan ampunan telah menjadi kebutuhan di zaman saat ini, karena sebetulnya waktu yang dibutuhkan untuk menghapus dosa tersebut hanya 2 menit.

Rasulullah SAW bahkan juga memerintahkan untuk segera memohon ampunan selama 2 menit dengan melakukan tiga langkah setelah melakukan perbuatan maksiat. Tiga hal tersebut ialah berwudhu, sholat dua rakaat, dan memohon ampunan.

Allah SWT memberikan ampunan atas dosa yang dilakukan seseorang bila yang bersangkutan segera menyelesaikan tiga langkah perbuatan tersebut. Dengan langkah ini juga, maka dosa-dosanya pun mendapat ampunan.

Hal itu sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, "Tidak ada seorang hamba pun yang melakukan dosa, lalu dia bersuci dengan baik selanjutnya berdiri lalu melakukan sholat dua rakaat, kemudian memohon ampun kepada Allâh, kecuali Allâh pasti akan mengampuninya." (HR Abu Dawud)

Tiga langkah tersebut, yaitu wudhu dengan sempurna, sholat dua rokaat, dan memohon ampunan setelah berbuat maksiat, adalah salah satu cara terbaik untuk menghapus dosa dalam dua menit.

Tobat adalah cara mencapai cinta Allah SWT. Keutamaan ini cukup untuk suatu kehormatan dalam mencapai pertobatan. Allah SWT berfirman, "...Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS Al-Baqarah ayat 222)

Selain itu tobat juga adalah faktor datangnya cahaya di hati dan menghapus jejak dosa. Dari Abu Hurairah RA, dia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika seorang Mukmin melakukan dosa, maka ada noda hitam di hatinya. Jika dia bertobat dan memohon ampunan, maka dengan itulah hatinya dibersihkan."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini