Rabu 05 Jan 2022 22:01 WIB

Korut Luncurkan Rudal Terbaru, Korsel Ajak Dialog

Korsel desak Korut tanggapi seruan dialog usai peluncuran rudal terbaru

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agung Sasongko
Infografis Kim Jong Un Intensifkan Uji Coba Rudal Korut
Foto: Associated Press
Infografis Kim Jong Un Intensifkan Uji Coba Rudal Korut

IHRAM.CO.ID,  SEOUL - Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) mendesak Korea Utara (Korut) menanggapi seruan dialog setelah Korut dilaporkan meluncurkan rudal balistik ke arah Laut Timur dalam unjuk kekuatan terbarunya. Korsel juga telah menghubungi Amerika Serikat (AS) mengenai peluncuran terbaru oleh Korut ini.

"Kami akan menjaga situasi di sekitar Semenanjung Korea di bawah kendali yang stabil, sambil melanjutkan upaya meningkatkan hubungan antar-Korea ke tingkat yang tidak dapat dibatalkan dengan melanjutkan dialog dan kerja sama," kata kementerian Unifikasi Korsel dalam sebuah pernyataan seperti dikutip laman Yonhap, Rabu (5/1).

Baca Juga

"Kami mendesak Korut untuk dengan tulus menanggapi upaya kami untuk membuat perdamaian dan kerja sama melalui dialog," kata pernyataan tersebut melanjutkan.

Pada upacara peletakan batu pertama pembangunan kereta api Rabu, Moon juga mengatakan kedua Korea tidak boleh menyerah pada dialog. Hal ini untuk secara mendasar mengatasi kekhawatiran yang berasal dari peluncuran rudal Korut seperti yang terbaru ini.

Korut menembakkan rudal itu pada Rabu sekitar pukul 8.10 waktu setempat dari provinsi utara Jagang. Menurut militer Korsel, rudal yang ditembakkan adalah rudal hipersonik pada September tahun lalu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement