Kamis 06 Jan 2022 05:51 WIB

Mahasiswa UNY: Ekstrak Lengkuas Bisa Basmi Nyamuk Aedes Aegypti

Penggunaan ekstrak rimpang lengkuas sebagai bioreduktor membasmi nyamuk Aedes Aegypti

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agung Sasongko
Lengkuas
Foto:

Gelas kimia 2.000 mililiter, erlenmeyer, pengaduk kaca, stirrer, oven, labu ukur 100 mililiter, spatula, botol flacon, corong kaca, pipet ukur, ball pippete, neraca analitik, pipet tetes, thermometer, PSA, dan spektrofotometer UV-Vis.

Bahan yang digunakan ada rimpang lengkuas, akuades, kertas saring Whatman No.1, CuSO₄.5H₂O, dan NiCl₂.6H₂O. Rimpang lengkuas dikupas, dicuci bersih dengan air keran dan dibilas beberapa kali dengan air suling, dipotong kecil dan tipis.

Rimpang lengkuas dijemur di bawah sinar matahari, dikeringkan menggunakan oven. Lengkuas dihaluskan memakai blender. Rimpang lengkuas kering ditimbang 40 gram dan didispersikan di 800 mililiter akuades steril di gelas kimia 1000 mililiter.

Bahan direbus 80 derajat 20 menit. Saat dingin, disaring kertas saring Whatman. Larutan dibuat tujuh variasi dengan kombinasi campuran. Menurut Intan, larutan paling optimal membasmi nyamuk dengan konsentrasi 100 mililiter per 1.000 liter.

"Dengan ekstrak lengkuas yang mudah dijumpai dan murah bisa membuat larutan itu menjadi nanopartikel dan bisa digunakan sebagai larvasida nyamuk aedes aegypti," kata Intan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement