Kamis 06 Jan 2022 15:13 WIB

Gambaran Manusia Ketika akan Masuk Neraka

Allah SWT akan terlebih dulu memasukkan orang-orang yang memiliki dosa paling banyak

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto:

Ustazah Lilik menjelaskan bahwa lafadz tsuma dalam rangkaian keterangan dari surat maryam ayat 69 tersebut menunjukan adanya sebuah proses dengan waktu yang sangat panjang yang akan dilalui oleh para pendosa. Allah SWT mengetahui siapa-siapa saja yang terlebih dulu dimasukkan ke dalam neraka. Ustazah Lilik menjelaskan dari ayat ini juga Allah kelak akan menegaskan tentang keberadaan yaumil hisab, yaumul jaza dan neraka kepada orang-orang yang ketika di dunia mengingkari keberadaan itu semua.

Allah berfirman:

وَإِنْ مِنْكُمْ إِلَّا وَارِدُهَا ۚ كَانَ عَلَىٰ رَبِّكَ حَتْمًا مَقْضِيًّا

Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. (Alquran surat Maryam ayat 71).

Ustazah Lilik menjelaskan terdapat perbedaan ulama tentang makna kalimat wa in minkum illa wariduha. Ada ulama yang berpendapat bahwa kalimat tersebut bermakna setiap manusia pasti masuk ke dalam neraka karena tidak luput dari perbuatan dosa. Namun demikian pendapat ulama lainnya termasuk juga pendapat Imam Syarawi dan juga pendapat pakar tafsir Alquran asal Indonesia Prof. Quraish Shihab bahwa kata Wariduha artinya bukanlah masuk melainkan berarti mendatangi. Maksudnya setiap manusia pasti akan mendatangi neraka dan melewati jalan di atasnya yang disebut dengan shiroth. Maka manusia yang memiliki dosa dan tidak mendapat syafaat Allah dam Rasul-Nya maka akan tergelincir masuk ke dalam neraka. Tetapi ada orang-orang yang mampu melewati shirath itu sehingga selamat dari tergelincir ke neraka karena bersihnya diri dari dosa dan mendapatkan syafaat dari Allah dan RasulNya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement