Jumat 07 Jan 2022 06:20 WIB

Deretan Pemain Top Muslim yang Tampil di Piala Afrika

Ada puluhan pemain Muslim yang terdaftar untuk ambil bagian dalam Piala Afrika

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Mohamed Salah
Foto:

6. Ahmed Musa dari Nigeria

Ahmed Musa adalah salah satu pemain terbaik di tim nasional Nigeria. Lahir di Nigeria pada Oktober 1992, bintang Muslim ini merupakan salah satu pemain kunci yang bermain untuk Nigeria di Piala Dunia 2014. Saat ini, ia bermain sebagai penyerang dan sayap kiri untuk klub Super Lig Turki Fatih Karagumruk.

Musa menjadi pemain Nigeria pertama yang mencetak lebih dari satu gol dalam pertandingan Piala Dunia FIFA, setelah mencetak dua gol melawan Argentina di Piala Dunia FIFA 2014. Musa juga menjadi pemain Nigeria pertama yang mencetak gol di dua kompetisi Piala Dunia FIFA, setelah mencetak dua gol melawan Islandia di babak penyisihan grup Piala Dunia FIFA 2018.

7. Trezeguet dari Mesir

Mahmoud Ahmed Ibrahim Hassan, umumnya dikenal sebagai Trezeguet adalah pemain sepak bola profesional Mesir yang bermain sebagai gelandang untuk klub Liga Premier Aston Villa dan tim nasional Mesir. Julukannya diambil dari mantan pemain sepak bola Prancis David Trezeguet, setelah mantan pelatih mudanya melihat kesamaan antara keduanya dalam gaya bermain dan penampilan.

Trezeguet melakukan debut penuhnya untuk tim senior Mesir pada 2014 pada usia 19 tahun dalam pertandingan persahabatan melawan Kenya. Dia disebutkan dalam skuad Mesir untuk Piala Dunia FIFA 2018, bermain di semua tiga pertandingan grup. Sampai saat ini, ia telah menciptakan lebih dari 40 penampilan untuk tim nasional negaranya, dan mencetak 7 gol.

8. Hakim Ziyech dari Maroko

Hakim Ziyech adalah pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Liga Inggris Chelsea dan tim nasional Maroko.

Ziyech dikenal dengan finishing, dribbling (teknik menggiring), operan panjang, teknik, dan kemampuannya dari tendangan bebas. Pada 2019, ia terpilih sebagai salah satu dari 20 pemain terbaik di Liga Champions UEFA untuk musim 2018–19. Pada akhir tahun yang sama, ia berada di peringkat ke-29 dalam daftar The Guardian dari "100 pesepakbola terbaik di dunia".

9. Sekou Koita dari Mali

Sekou Koita adalah pemain sepak bola profesional Mali yang bermain sebagai penyerang untuk klub Bundesliga Sepak Bola Austria Red Bull Salzburg dan tim nasional Mali.

10. Kalidou Koulibaly dari Senegal

Kalidou Koulibaly adalah pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Serie A Napoli dan tim nasional Senegal.

Pemain yang lahir pada 20 Juni 1991 ini melakukan debut seniornya bersama Senegal pada 2015 dan merupakan anggota skuat Senegal yang ambil bagian di Piala Afrika 2017. Dia ditunjuk ke tim yang mewakili Senegal di Piala Dunia FIFA 2018.

Koulibaly memainkan keseluruhan tiga pertandingan, saat Senegal tersingkir di babak penyisihan grup turnamen setelah menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Dunia FIFA yang tersingkir karena aturan tiebreak.

11. Naby Laye Keita dari Guinea

Naby Laye Keita adalah pemain sepak bola profesional Guinea yang bermain sebagai gelandang tengah untuk klub Liga Premier Liverpool dan menjadi kapten tim nasional Guinea.

Pemain berusia 24 tahun ini melakukan debut internasional seniornya untuk Guinea pada 2012. Dia telah mendapatkan lebih dari 40 caps (penampilan) dan merupakan bagian dari skuad mereka di Piala Afrika pada 2015 dan 2019.

12. Islam Slimani dari Aljazair

Islam Slimani bermain sebagai penyerang untuk klub Ligue 1 Lyon dan tim nasional Aljazair. Pelatih Djamel Belmadi tahu bahwa dia dapat mengandalkan strikernya, yang merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Aljazair dengan catatan 38 gol.

13. Amadou Haidara dari Mali

Amadou Haidara telah menjadi kunci kehadiran lini tengah untuk klub Jerman RB Leipzig. Dia mengisi peran yang sama untuk Eagles of Mali, yang berada di antara outsider di Piala Afrika tahun ini.

14. Kamaldeen Sulemana dari Ghana

Pemain internasional Ghana ini sedang dalam proses untuk menjadi bintang. Cukup dikenal sebagai Kamaldeen, ia bermain sebagai pemain sayap untuk klub Ligue 1 Stade Rennais dan tim nasional Ghana. Saat ini di Rennes, Sulemana sedang diincar beberapa klub besar Eropa. Antusiasme, kecepatan, dan sentuhannya akan membawa angin segar bagi tim Ghana yang mencari kebangkitan di Kamerun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement