Begini Rangkaian Proses Keberangkatan Jamaah Umroh Perdana

Ahad , 09 Jan 2022, 14:44 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Umroh (ilustrasi)
Umroh (ilustrasi)

Dalam pelaksanaan umroh di masa pandemi, Kemenag tengah menjalankan sistem satu pintu atau One Gate Policy di Jakarta. Hal ini berkaitan dengan pengecekan (screening) kesehatan jamaah dan memastikan mereka layak untuk berangkat.

 

Terkait

Firman menyebut, bagi jamaah yang memiliki komorbid, akan diimbau untuk memikirkan ulang kesehatannya, mengingat virus ini berbahaya. Jika jamaah masih tetap ingin berangkat, maka ada surat yang harus ditandatangani, yang menyatakan risiko sudah menjadi tanggung jawab jamaah. 

"Sistem OGP ini baik untuk diterapkan, karena tes PCR menjadi terpusat. Jamaah yang datang dari berbagai wilayah ke Jakarta, dites kembali dan memvalidasi hasilnya. Ini untuk menghindari kesalahan pemalsuan hasil PCR yang sempat terjadi 2021 lalu, sebelum Indonesia dilarang masuk sementara," lanjutnya. 

Ia juga menyebut tes PCR terpusat yang saat ini berjalan telah dikoordinasikan oleh Kemenag, dengan arahan dari otoritas Saudi. Sehingga, hasil PCR yang dilakukan di luar lokasi yang telah ditentukan tidak bisa digunakan.

Karantina selama satu hari sebelum keberangkatan yang dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede ini juga bertujuan untuk memastikan jamaah steril, atau tidak pergi ke tempat lain dan bertemu dengan banyak orang.